Kompas.com - 02/08/2022, 19:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Berbicara soal jalan tol, tentu tak terlepas kaitannya dengan tarif yang harus dikeluarkan pengguna.

Sebab, jalan tol merupakan jaringan jalan nasional yang penggunaannya tidak gratis alias berbayar.

Karena itu, jalan tol memiliki tingkat pelayanan keamanan dan kenyamanan yang lebih tinggi dari jalan umum biasa.

Selain itu, jalan bebas hambatan berbayar ini juga dapat melayani arus lalu lintas (lalin) jarak jauh dengan mobilitas tinggi.

Namun, pernahkah Anda bertanya-tanya jalan tol mana dengan tarif termahal se-Tanah Air?

Ternyata, jalan tol termahal di Indonesia berada di Pulau Jawa dan lokasinya di Provinsi DKI Jakarta yakni, Enam Ruas Tol Dalam Kota Segmen Tol Kelapa Gading-Pulogebang.

Informasi ini disampaikan oleh Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Danang Parikesit sebagaimana dilansir dari catatan Kompas.com, (2/3/2022).

“Jalan tol dengan tarif paling tinggi di Pulau Jawa yaitu 6 Ruas Tol Dalam Kota Jakarta yang saat ini telah beroperasi untuk segmen Kelapa Gading-Pulo Gebang dengan biaya Rp 2.167 per kilometer,” kata Danang.

Sesuai peraturan perundang-undangan besaran tarif tol, hal itu didasari pada kemampuan pengguna jalan tol, besar keuntungan biaya operasi kendaraan (BKBOK), juga kelayakan investasi.

Baca juga: Mulai Minggu Ini, Tarif Tol Soreang-Pasir Koja Naik

"Besaran tarif tersebut telah mempertimbangkan kemampuan bayar pengguna jalan tol di daerah DKI Jakarta dan BKBOK," jelas Danang.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.