Kompas.com - 01/08/2022, 15:15 WIB

JAKARTA,KOMPAS.com - PT Sarana Multigriya Finansial (Persero) atau SMF telah menyiapkan dana sebesar Rp 2,06 triliun untuk pelunasan pokok dan bunga atas Obligasi Berkelanjutan V Tahap II Seri A Tahun 2019.

Obligasi tersebut memiliki pokok sebesar Rp 1,42 Triliun dengan bunga sebesar Rp 27,7 miliar yang jatuh tempo pada 28 Agustus 2022.

Dana untuk pelunasan obligasi tersebut akan bersumber dari posisi kas internal Perseroan yang saat ini ditempatkan pada instrumen deposito.

Baca juga: Pembiayaan Homestay SMF di 13 Destinasi Wisata Capai Rp 8,81 Miliar

“Pelunasan obligasi ini merupakan komitmen dari Perseroan dalam memenuhi kewajiban keuangan kami,” ujar Direktur Utama SMF, Ananta Wiyogo dalam rilis yang diterima Kompas.com, Senin (1/8/2022).

Ananta juga menegaskan bahwa obligasi yang diterbitkan oleh SMF memiliki peringkat idAAA dari PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo).

Peringkat tersebut merupakan peringkat tertinggi yang menunjukkan kemampuan SMF memenuhi komitmen keuangan jangka panjangnya, serta profil permodalan yang sangat kuat, dengan dukungan dari pemerintah serta kualitas aset yang baik.

Perseroan juga telah memenuhi komitmennya dalam melunasi Obligasi Berkelanjutan V Tahap I Seri B dengan nilai pokok sebesar Rp 640 miliar dengan bunga sebesar Rp 13,60 miliar yang jatuh tempo pada 4 Juli 2022. 

Sebelumnya, di kuartal I tahun 2022, SMF juga telah melakukan pelunasan untuk beberapa obligasi yang jatuh tempo.

Pertama, Obligasi Berkelanjutan IV Tahap VII Tahun 2019 Seri B dengan Pokok Obligasi sebesar Rp 748,50 miliar, dan bunga sebesar Rp 16,47 miliar yang jatuh tempo pada tanggal 12 Februari 2022.

Kedua, melunasi pokok dan bagi hasil atas Sukuk Mudharabah Berkelanjutan I Tahap III Tahun 2021 dengan Pokok Sukuk sebesar Rp 100,01 miliar dan indikasi bagi hasil sebesar Rp 1 ,32 miliar yang jatuh tempo pada 20 Februari 2022.

Baca juga: Laba SMF Turun 2,10 Persen Jadi Rp 460 Miliar

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.