Kompas.com - 31/07/2022, 13:30 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Bandara Bali Utara telah resmi keluar sebagai Proyek Strategis Nasional (PSN) bersama sejumlah proyek lainnya.

Hal itu pernah disampaikan Ketua Tim Pelaksana Komite Percepatan Penyediaan Infrastruktur Prioritas (KPPIP) Wahyu Utomo pada Selasa (26/07/2022) lalu.

Bahwa ada Peraturan Menteri Koordinator (Permenko) Bidang Perekonomian yang baru terkait daftar PSN. Merevisi Permenko yang terbit 2021 lalu.

"Permenko baru yang berisi hasil evaluasi terhadap beberapa proyek, misalnya ada yang dikeluarkan, serta ada juga yang strategis dan berpotensi diselesaikan sebelum akhir 2024," ujar Wahyu dikutip dari laman resmi Kemenko Bidang Perekonomian.

Baca juga: Sejumlah Proyek Strategis Nasional Bakal Dicoret, Ini Bocorannya

Salah satu yang dikeluarkan dari PSN melalui penerbitan Permenko baru ialah Bandara Bali Utara. Karena pembangunannya tidak bisa selesai pada 2024.

Lantas, proyek bandara apa saja yang berstatus PSN terbaru tahun 2022?

Hal itu tertera dalam Peraturan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian No 9 Tahun 2022 tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian No 7 Tahun 2021 tentang Perubahan Daftar Proyek Strategis Nasional.

Beleid tersebut telah ditetapkan pada 20 Juli 2022, dan diundangkan (berlaku) pada 22 Juli 2022.

Berikut daftar proyek bandaranya:

  • Bandar Udara Baru Yogyakarta-Kulon Progo, Provinsi D.I.Y;
  • Bandar Udara Kediri, Provinsi Jawa Timur;
  • Bandar Udara Komodo Labuan Bajo, Provinsi NTT;
  • Pengembangan Bandara Internasional Lombok Praya, Provinsi NTB;
  • Pembangunan Bandar Udara Nabire Baru, Provinsi Papua;
  • Pembangunan Bandar Udara Siboru Fak Fak, Provinsi Papua Barat.
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.