Kompas.com - 30/07/2022, 15:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Seiring dengan pemindahan ibu kota negara ke Ibu Kota Nusantara (IKN) di Penajam Paser Utara, Pemerintah Indonesia merencanakan layanan perkeretaapian di Kalimantan Timur.

Akademisi Prodi Teknik Sipil Unika Soegijapranata dan Ketua Bidang Advokasi dan Kemasyarakatan MTI Pusat Djoko Setijowarno mengatakan, hal ini telah tercantum dalam lampiran Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2022 tentang IKN.

Disebutkan bahwa konektivitas kereta api (KA) regional dan penilaian tingkat konsep soal potensi koridor KA dari Balikpapan ke IKN telah mempertimbangkan beberapa aspek.

Aspek pertama mempertimbangkan lingkungan, sosial dan rekayasa teknis. Ini mencakup konsep yang disempurnakan untuk menghindari kendala lingkungan dan sosial lewat adanya pengadaan layanan KA.

Kedua adalah soal konektivitas transit ke berbagai lokasi penting, mencakup pelabuhan, bandara, perkotaan, kawasan inti pusat pemerintahan (KIPP), kawasan ibu kota negara (KIKN) dan kawasan pengembangan ibu kota negara (KPIKN).

 Baca juga: Bappenas Pelajari Kemungkinan Kereta Gantung Jadi Transportasi di IKN

Aspek ketiga adalah soal konektivitas rel regional untuk transportasi barang antara gerbang utama, seperti pelabuhan dan kawasan industri.

"Prinsip kehati-hatian memilih trace yang akan dibangun harus memperhatikan aspek keamanan Kepala Negara, pejabat negara, diplomat asing, karena menyangkut keberadaan Istana Negara sebagai tempat tinggal Presiden dan keluarga," jelas Djoko.

Adapun beberapa ragam kereta yang dibangun, antara lain kereta gantung, KA Trans Kalimantan, KA Perkotaan Balikpapan-KIPP, hingga KA Bandara.

Khusus untuk kereta gantung, Djoko menyebutkan jenis transportasi ini menawarkan sejumlah keunggulan karena bisa menampung hingga 5.000 penumpang per jam dan hemat energi.

Kereta gantung juga membutuhkan lahan yang minim serta biaya investasi, operasional dan perawatan yang rendah.

Baca juga: Kereta Gantung, Transportasi Massal Alternatif Pengurai Kemacetan?

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.