Kompas.com - 30/07/2022, 12:30 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melanjutkan perkuatan kerja sama dengan Korea Selatan (Korsel) terkait pemindahan teknis dan pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN), Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim).

Hal ini menjadi topik utama pembahasan dalam bilateral meeting antara Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dengan Wakil Menteri Agraria Infrastruktur dan Transportasi Korsel Lee Won-Jae di Sejong, Korsel.

Basuki mengatakan, perpanjangan ini diimplementasikan melalui penandatangan Memorandum of Understanding (MoU) untuk mendukung pembangunan infrastruktur di IKN.

“Dalam mempersiapkan konstruksi di IKN, kami perlu belajar dari Korsel terkait sistem teknologi cerdas di IKN," kata Basuki dalam rilis, Sabtu (30/7/2022).

Dia berharap dukungan ini dapat terwujud di bawah MoU yang akan ditandatangani saat kunjungan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke Korsel pada Kamis (28/7/2022).

Basuki menjelaskan terkait bentuk kerja sama yang dilakukan oleh Kementerian PUPR dengan Korsel.

Ini dimulai dari pertukaran informasi, berbagi pengalaman, pengetahuan dan teknologi, pengiriman tenaga ahli, peningkatan kapasitas, proyek percontohan, dan bentuk kerja sama teknis lainnya.

"Kami sangat berterimakasih atas kerja sama dan dukungan Pemerintah Korsel kepada Indonesia selama ini," ungkapnya.

Baca juga: Empat Kota di Korsel Jadi Percontohan Bangun IKN, Intip Profilnya

Pemerintah Korsel melalui MOLIT memberikan program-program dukungan untuk pembangunan IKN seperti pengiriman 25 pegawai muda PUPR mengikuti pelatihan di Korsel.

Kemudian, pembangunan sistem penyediaan air bersih untuk IKN dengan kapasitas 300 liter per detik, feasibility study (studi kelayakan) untuk proyek pendukung Immersed Tunnel di Teluk Balikpapan (Jalan Tol Akses IKN), proyek hibah pipeline dari KOICA, dan proyek Korea City Network (KCN).

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.