Kompas.com - 29/07/2022, 10:10 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Hadi Tjahjanto secara gamblang mengungkapkan berbagai modus baru yang dilakukan para mafia tanah.

Ragam modus yang dilakukan mulai dari mengambil tanah kosong dengan bekerja sama oknum BPN, dan mengubah data di Pusat Data Informasi (Pusdatin) yang akhirnya mengeluarkan sertifikat.

Hal ini disampaikan Hadi dalam konferensi pers Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Kementerian ATR/BPN Tahun 2022 di Jakarta, Selasa (26/7/2022).

"Modus seperti ini ada yang sudah kita tangkap dan terus akan diproses apabila ada oknum dari anggota BPN, akan kita proses. Jika terbukti melakukan tindak pidana, pasti dipecat," tegasnya.

Artikel tersebut menjadi berita terpopuler pada kanal Properti Kompas.com edisi Jumat (29/7/2022).

Selain kedua hal di atas, ada beberapa modus lainnya yang dilakukan para mafia tanah dan mesti diketahui masyarakat.

Informasi selengkapnya bisa Anda dapatkan melalui tautan ini: Hadi Tjahjanto Blak-blakan Ungkap Modus Baru Mafia Tanah

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tengah merekonstruksi Benteng Van Den Bosch atau Benteng Pendem Ngawi di Jawa Timur.

Proyek ini dilaksanakan melalui Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Jawa Timur bersama Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Provinsi Jawa Timur.

Kepala BPCB Andi Muhammad Said mengatakan, salah satu bagian yang menjadi titik terpenting dalam rekonstruksi Benteng Pendem Ngawi adalah drainase bangunan.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.