Kompas.com - 28/07/2022, 14:30 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Komite Percepatan Penyediaan Infrastruktur Prioritas (KPPIP) membeberkan sederet persoalan yang mengganjal pelaksanaan pembangunan infrastruktur yang berstatus Proyek Strategis Nasional (PSN).

Ketua Pelaksana Komite Percepatan Penyediaan Infrastruktur Prioritas (KPPIP) Wahyu Utomo mengatakan, pihaknya menindaklanjuti 150 isu yang terlaporkan selama Semester I-2022.

"Fokus konsentrasi isu terbesar pada isu pengadaan lahan sebesar 27 persen," ujarnya dikutip dari laman KPPIP, Kamis (28/07/2022).

Hal itulah yang membuat KPPIP mendorong proses prioritisasi alokasi pengadaan tanah PSN melalui koordinasi bersama dengan Lembaga Manajemen Aset Nasional (LMAN) dan Kementerian/Lembaga terkait.

Baca juga: Sejumlah Proyek Strategis Nasional Bakal Dicoret, Ini Bocorannya

Adapun proyek-proyek yang telah didorong melalui skema LMAN antara lain, 50 proyek jalan tol, 37 proyek bendungan, 9 proyek kereta api, 1 proyek pelabuhan, 5 proyek irigasi, 1 proyek Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN), dan 1 proyek air baku.

Sejak 2017 sampai dengan Mei 2022 total realisasi pendanaan pengadaan tanah Rp 95,48 triliun. Untuk 104 PSN dan pembebasan 151.029 bidang lahan PSN.

"Sementara Semester 1 tahun 2022, realisasi pendanaan pengadaan lahan PSN mencapai Rp 5,86 triliun," jelasnya.

Wahyu Utomo menambahkan, pelaksanaan PSN mayoritas dihadapkan pada isu-isu strategis yang berdampak signifikan terhadap kemajuan pembangunan.

Berdasarkan rekapitulasi isu pada Mei 2022, selain pengadaan tanah, isu strategis lain yang sedang ditindaklanjuti ialah masalah kontruksi.

Nilainya sebesar 25 persen dengan terdapat 37 proyek yang mengalami isu konstruksi.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.