Kompas.com - 28/07/2022, 09:15 WIB

JAKARTA,KOMPAS.com - Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani Indrawati, meminta PT Sarana Mutigriya Finansial (Persero) atau SMF untuk terus melakukan beragam inovasi teruntuk menyokong sektor perumahan Indonesia.

Hal tersebut ia sampaikan saat melantik anggota direksi baru PT SMF, Bonai Subiakto di Aula Mezzanie Sekretariat Jenderal Kemenkeu, Jakarta Pusat, pada Rabu (27/7/2022).

“Para Direksi SMF harus tmelakukan inovasi serta terobosan sesuai perluasan mandat yang telah diberikan oleh Pemerintah untuk membangun sektor perumahan dan kemampuan daya beli masyarakat dalam membeli rumah,” ujar Menkeu.

Menurunya, SMF dibentuk sebagai Special Mission Vehicle (SMV) Kementerian Keuangan yang memiliki tugas untuk mengembangkan pasar pembiayaan sekunder perumahan.

Baca juga: Pembiayaan Homestay SMF di 13 Destinasi Wisata Capai Rp 8,81 Miliar

Kerja dari SMF akan membantu pemerintah untuk mewujudkan ketersediaan rumah yang layak bagi seluruh lapisan masyarakat.

Karena itu, pemerintah menciptakan berbagai macam instrument fiskal (fiscal tools) dalam rangka mendorong kemampuan masyarakat berpendapat rendah mendapatkan perumahan.

“Pemerintah harus mencapai tujuan untuk menyediakan papan yang baik bagi masyarakat terutama mereka yang tidak mampu. Peran SMF di sini adalah fiscal tools Pemerintah,” jelasnya.

Selanjutnya Menkeu meminta kepada SMF untuk melakukan diversifikasi produk pembiayaan sehingga dapat mendukung program pemerintah dalam menyediakan rumah layak huni bagi seluruh lapisan masyarakat.

“Dengan diberikan kewenangan untuk membuat creative financing, kita berharap akan muncul berbagai financing yang bisa menjangkau lebih luas dan memiliki kecepatan yang lebih tinggi namun tetap prudent,” tambahnya.

Baca juga: Genjot Program Sejuta Rumah, Kementerian PUPR Bakal Gandeng SMF

Menkeu juga berpesan agar para Direksi bisa membangun kerjasama dengan berbagai pihak dan mengedepankan prinsip kehati-hatian, penerapan tata kelola perusahaan yang baik dan manajemen risiko yang terukur dengan berpedoman pada Rencana Kerja Anggaran Perusahaan (RKAP).

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.