Seputar KPR BP2BT, Kelompok Sasaran, Besaran Subsidi, hingga Syarat Pengajuannya

Kompas.com - 26/07/2022, 20:30 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Apa itu kredit pemilikan rumah (KPR) Bantuan Pembiayaan Perumahan Berbasis Tabungan (BP2BT)?

Umumnya BP2BT merupakan salah satu bentuk KPR bersubsidi. Sama halnya seperti Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP).

Termasuk dalam program bantuan pembiayaan perumahan dari pemerintah khusus untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR).

Melansir dari situs Ditjen Pembiayaan Infrastruktur PUPR, BP2BT adalah program bantuan pemerintah yang diberikan kepada MBR yang telah mempunyai tabungan.

Untuk pemenuhan sebagian uang muka pemilikan rumah atau sebagian dana pembangunan atau perbaikan rumah swadaya, melalui kredit atau pembiayaan bank pelaksana.

Baca juga: Apa Bedanya KPR FLPP dan BP2BT? Cari Tahu di Sini

Perihal besaran uang muka untuk kepemilikan rumah yang diberikan BP2BT, paling sedikit 20 persen dan paling banyak 50 persen.

Namun, nantinya pemerintah memberikan dana BP2BT hanya satu kali kepada pemohon yang memenuhi persyaratan.

Adapun untuk memahami salah satu jenis KPR bersubsidi ini, masyarakat perlu memahami beberapa ketentuan.

Mulai dari kelompok sasaran, batasan penghasilan per wilayah, batasan saldo tabungan, besaran subsidi dana BP2BT, hingga persyaratan untuk pengajuannya.

Kelompok Sasaran

Melansir dari unggahan akun Twitter National Affordable Housing Program (NAHP) Kementerian PUPR pada Maret 2022, terdapat pembagian segmentasi masyarakat pada program bantuan pembiayaan perumahan.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.