Intake Rusak akibat Gempa, Sistem Air Baku Sulteng Dibangun sebagai Pengganti

Kompas.com - 26/07/2022, 14:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Rekonstruksi dan peningkatan Sistem Jaringan Air Baku Palu, Sigi, dan Donggala (Pasigala) akan selesai dibangun pada Maret 2023.

Target tersebut merupakan keseluruhan dari dua paket pekerjaan yakni paket I dengan progres baru 19,95 persen dan paket II mencapai 57,15 persen.

Rekonstruksi dan peningkatan sistem jaringan air baku Pasigala untuk mengembalikan fungsi air penyediaan air baku dari Intake Saluki dengan kapasitas 600 liter per detik yang rusak akibat bencana gempa bumi dan likufikasi pada tahun 2018.

Padahal, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan, ketersediaan air bersih diyakini mampu meningkatkan kesehatan masyarakat dan pertumbuhan ekonomi.

"Jadi ketersediaan air bersih dan sanitasi yang baik merupakan basic (dasar) untuk kesehatan masyarakat dan pertumbuhan ekonomi,” terang Basuki dalam laman Kementerian PUPR, Selasa (26/7/2022).

Baca juga: Penuhi Kebutuhan Air Baku, Pemerintah Kota Bima Terima BMN SPAM

Kepala Balai Wilayah Sungai (BWS) Sulawesi III Direktorat Jenderal (Ditjen) Sumber Daya Air (SDA) Kementerian PUPR Taufik menjelaskan lingkup pekerjaan dari rekonstruksi dan peningkatan sistem jaringan air baku Pasigala tersebut.

Ini meliputi rekonstruksi bendung dan kantong lumpur, dan pekerjaan pipa diameter 700 mm sepanjang 22.612 meter.

Kemudian, pemasangan pipa transmisi diameter 800 mm sepanjang 13.132 meter, pemasangan pipa diameter 710 mm sepanjang 8.400 meter, serta lanskap.

Selain rekonstruksi sistem jaringan air baku Pasigala, kata dia, saat ini Kementerian PUPR melalui BWS Sulawesi III Ditjen SDA juga tengah meningkatkan sistem air baku untuk pemenuhan kebutuhan air di hunian tetap (Huntap) bagi masyarakat yang direlokasi dari lokasi likuifaksi.

"Salah satunya yang sudah selesai adalah peningkatan sistem air baku Paneki yang berguna sebagai supply (suplai) kebutuhan air baku di Huntap Pombewe di Desa Pombewe," tambah dia.

Untuk selanjutnya, tengah diselesaikan instalasi pengolahan air bersihnya oleh Ditjen Cipta Karya Kementerian PUPR.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.