Kompas.com - 22/07/2022, 13:15 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com- Memasuki bulan Juni 2022, kredit pemilikan rumah (KPR) dan kredit pemilikan apartemen (KPA) di Indonesia diketahui mengalami perlambatan.

Kepala Departemen Komunikasi BI Erwin Haryono mengatakan, KPR dan KPA di bulan Juni melambat hingga 7 persen secara tahunan (year on year/yoy) dari sebelumnya 9,8 persen (yoy).

Hal ini terjadi terutama untuk pembiayaan perumahan tipe di atas 70 di dua provinsi yakni Jawa Barat dan Banten.

"Sementara itu, kredit konstruksi terkontraksi sebesar 0,04 persen (yoy), setelah pada bulan sebelumnya tercatat tumbuh positif 0,9 persen (yoy) terutama disebabkan oleh bangunan jalan raya di Banten dan DKI Jakarta," kata Erwin, Jumat (22/7/2022) seperti dikutip dari laman IDX.

Baca juga: Menkeu Ajak Stakeholder Perumahan Dukung Sekuritisasi KPR di Indonesia

Di sisi lain, kredit real estat tumbuh 9,8 persen (yoy), atau lebih tinggi dibandingkan pertumbuhan bulan sebelumnya sebesar 4,3 persen (yoy).

Peningkatan kredit ini bisa terwujud seiring terjadinya peningkatan penyaluran kredit pada real estat gedung perbelanjaan (mal dan plaza).

Erwin menjelaskan, suku bunga pinjaman dan simpanan pada Juni 2022 juga mengalami penurunan bila dibandingkan bulan sebelumnya.

"Pada Juni 2022, rata-rata tertimbang suku bunga kredit tercatat sebesar 8,94 persen. Angka ini turun 5 basis poin dibandingkan bulan sebelumnya yakni 8,99 persen," tambahnya.

Rata-rata tertimbang suku bunga simpanan berjangka juga mengalami penurunan pada hampir seluruh jenis tenor.

Suku bunga simpanan berjangka juga mengalami penurunan. Tercatat pada simpanan dengan tenor 3 bulan dan 6 bulan masing-masing mengalami penurunan dari 2,98 persen 3,24 persen pada Mei 2022 menjadi 2,97 persen dan 3,21 persen.

Baca juga: Lewati Target, Dana KPR FLPP Semester I Cair Rp 11,06 Triliun

Kemudian pada simpanan berjangka dengan tenor 12 bulan, dan 24 bulan, di mana pada bulan Mei 2022 berada di angka 3,31 persen dan 3,86 persen turun menjadi 3,27 persen dan 3,50 persen pada Juni 2022. 

Di sisi lain, suku bunga simpanan berjangka 1 bulan tercatat meningkat menjadi sebesar 2,84 persen pada bulan laporan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.