Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indonesia Peringkat 7 Eksportir Semen Terbanyak di Dunia

Kompas.com - 20/07/2022, 19:45 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

JAKATA,KOMPAS.com - Semen merupakan salah satu material konstruksi yang paling banyak digunakan di seluruh dunia. Mulai dari pembuatan rumah tinggal hingga bangunan komersial.

Semen biasanya dijual dalam bentuk bubuk abu-abu atau putih atau gumpalan klinker yang merupakan salah satu bahan baku dalam pembuatan semen.

Dari tahun ke tahun, nilai semen yang diekspor secara global meningkat 12,3 persen dibandingkan nilai ekspor tahun 2020 yakni sebesar 11,45 miliar Dolar AS atau setara Rp 171,4 triliun. 

Sepanjang tahun 2021, Vietnam menjadi negara pengekspor semen terbanyak di dunia dengan nilai ekspor mencapai 2,1 miliar dolar AS (Rp 31,4 triliun). 

Baca juga: Tak Hanya Pangkas Emisi Karbon Dioksida, Ini Sederet Kelebihan Semen Hijau

Sementara itu, empat negara lainya yang masuk dalam posisi 5 besar yakni Turki, Jerman, Kanada dan Thailand.

Indonesia sendiri berada di peringkat ke-7 dengan total nilai ekspor mencapai 407,4 juta Dolar AS atau sekitar Rp 6,1 triliun. 

Seperti dikutip dari laman Worlds Top Exports, dari perspektif kontinental, negara-negara Asia menjual semen yang paling banyak selama tahun 2021 dengan pengiriman senilai 6,6 miliar Dolar AS (Rp99,1 triliun) atau 51,5 persen dari ekspor semen global.

Di tempat kedua adalah eksportir dari negara-negara Eropa sebesar 26,9 persen. Sementara 12,1 pesen pengiriman semen dunia berasal dari Afrika dan 6,9 persen lainnya dikirim dari Amerika Utara.

Baca juga: Pembangunan IKN Diperkirakan Serap 21 Juta Ton Semen

Persentase yang lebih kecil berasal dari Amerika Latin (2,6 pesrsen) tidak termasuk Meksiko, dan Oseania (0,1 persen) yakni oleh Selandia Baru dan Fiji.

Berdasarkan kategori produk, semen Portland menyumbang sekitar tiga perlima (59,6 persen) dari pasokan semen global yang diekspor.

Hasil ini tidak mengejutkan mengingat Portland adalah jenis semen yang digunakan untuk membuat beton, mortar, plesteran, dan nat.

Berikut daftar 10 negara yang merupakan eksportir semen terbanyak sepanjang tahun 2021.

1. Vietnam 

2. Turki 

3. Jerman

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com