Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Konstruksi Bendungan Terpanjang Se-Asia Tenggara Tembus 95,87 Persen

Kompas.com - 15/07/2022, 13:30 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Progres pembangunan Bendungan Semantok diklaim lebih cepat lima bulan dari master schedule (jadwal pekerjaan umum) awal atau sudah mencapai 95,87 persen.

Salah satu keunggulannya adalah pemanfaatan konstruksi digital melalui penerapan Building Information Modelling (BIM) yang telah memenuhi Standar Manajemen Informasi berbasis ISO 19650 yang mendukung monitoring & controlling pelaksanaan konstruksi.

Sementara untuk kontrak pembangunan Bendungan Semantok untuk Paket 2 dan Paket 4 yang ditangani oleh Hutama Karya sebesar Rp 1,17 triliun.

Direktur Operasi I Hutama Karya Gunadi merasa bersyukur karena penyelesaian bendungan terpanjang se-Asia Tenggara ini lebih cepat dari target awal.

"Dengan penyelesaian melebihi target awal merupakan hal yang patut disyukuri, ditambah dengan Bendungan Semantok ini disebut sebagai yang terpanjang di kawasan Asia Tenggara," ujarnya dalam rilis, Jumat (15/7/2022).

Disebut terpanjang karena memiliki panjang puncak atau mercu bendungan 3.100 meter atau 3,1 kilometer.

Maka dari itu, impounding atau penggenangan awal Bendungan Semantok telah dilakukan karena pembangunan telah mencapai lebih dari 90 persen.

Baca juga: Pengisian Bendungan Semantok yang Diklaim Terpanjang di Asia Tenggara Dimulai Hari Ini

Penggenangan awal ini Hutama Karya, PT Bangun Nusa dan berkolaborasi dengan PT Brantas Abipraya (Persero) serta PT Pelita.

Kegiatan ini merupakan salah satu tahapan krusial dalam pembangunan bendungan karena harus dilakukan dengan perhitungan waktu pelaksanaan yang tepat.

Apabila terlalu lambat, dapat menyebabkan kekeringan di daerah hilir, dan sebaliknya apabila terlalu cepat dapat mengakibatkan kerusakaan pada bendungan tersebut.

Bendungan Semantok merupakan proyek salah satu Proyek Strategis Nasional yang berlokasi di Dusun Kedungpingit, Desa Sambikerep, Kecamatan Rejoso Nganjuk, Provinsi Jawa Timur (Jatim).

Hadirnya Bendungan Semantok inimenambah daftar bendungan yang berada di Jawa Timur antara lain Bendungan Bendo di Ponorogo dan Bendungan Gongseng di Bojonegoro yang juga merupakan proyek yang dibangun oleh Hutama Karya.

Diharapkan, dengan adanya Bendungan Semantok ini dapat menampung air hingga 32 juta meter kubik untuk mendukung konservasi lingkungan, juga lokasi pariwisata.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com