Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terima Kasih Basuki kepada IAI, Kawal Renovasi GBK untuk Asian Games 2018

Kompas.com - 15/07/2022, 13:00 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengucapkan terima kasih kepada Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) saat renovasi dan rehabilitasi Gelora Bung Karno (GBK) dalam rangka menyiapkan infrastruktur Asian Games 2018 silam.

"Bagaimana kerja keras IAI seluruhnya dalam rangka mengawal renovasi tersebut, nggak gampang," ucap Basuki dalam pidatonya pada pembukaan ARCH:ID 2022, Kamis (14/7/2022).

Disebut tidak mudah oleh Basuki karena menyangkut dengan bangunan-bangunan heritage (peninggalan). Sehingga, semuanya memiliki aturan-aturan yang harus diikuti untuk melindungi lingkungan.

Saat ini, IAI bersama dengan PT Citra Inovasi Strategi atau CIS menggelar festival arsitektur ARCH:ID 2022.

ARCH:ID 2022 telah resmi dibuka oleh Basuki yang ditandai dengan pemukulan gong saat dia menghadiri acara tersebut.

Baca juga: Festival Arsitektur ARCH:ID Resmi Dibuka

Setelah Basuki, pemukulan golong sebagai tanda dibukanya ARCH:ID dilakukan oleh Ketua Umum IAI Gregorius Budi Yulianto, dan Ketua ARCH:ID 2022 Theresia Asri Purnomo.

ARCH:ID akan digelar selama empat hari di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD City, Tangerang, mulai 14 Juli 2022-17 Juli 2022.

Tahun ini, ARCH:ID mengusung tema Sebentang, Serentang, Segendang sebagai refleksi keberagaman dari praktik dan produk arsitektur di Indonesia.

Ini utamanya organisasi IAI yang tidak hanya berada di Jawa, melainkan ada di seluruh Indonesia.

Maksud dari tema Sebentang dianggap sebagai gambaran sesuatu hal yang luas dari Indonesia.

Lalu, Serentang bermakna sebagai hal yang lebih dekat atau mempunyai jarak lebih intim. Sedangkan Segendang adalah sesuatu hal yang didefinisikan sebagai keharmonisan.

Untuk merefleksikan semangat tersebut, ARCH:ID akan menghadirkan event paralel di Paviliun Indonesia Barat (Medan) dan Timur (Makassar).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com