Pertama di Indonesia, Jalur MRT Bakal Punya Terowongan Pejalan Kaki Bawah Tanah

Kompas.com - 07/07/2022, 16:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Jalur MRT Jakarta akan memiliki terowongan pejalan kaki bawah tanah pertama di Indonesia. Menghubungkan Gedung Thamrin Nine UOB dengan Stasiun Dukuh Atas BNI.

Inisiasi pembangunan fasilitas interkoneksi bawah tanah ini telah ditandai dengan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama tentang Pembangunan Bangunan dan Fasilitas Interkoneksi Thamrin Nine-UOB–Stasiun Dukuh Atas BNI, pada Kamis (07/07/2022).

Antara Direktur Pengembangan Bisnis PT MRT Jakarta (Perseroda) Farchad Mahfud dengan Direktur Utama PT Wisma Kartika Alvin Gozali, dan disaksikan oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, serta Direktur Utama PT MRT Jakarta (Perseroda) William Sabandar.

Pembangunan fasilitas pertama di jalur MRT ini merupakan upaya mewujudkan jaringan interkoneksi bawah tanah dan seamless urban mobility di kawasan berorientasi transit.

Baca juga: MRT Jakarta Kembangkan Jalur di Banten dan Jawa Barat, Ini Rutenya

Akses pejalan kaki ini sepanjang 80 meter dengan lebar 5 meter. Dilengkapi berbagai fasilitas penunjang, seperti retail, storage room, parkir sepeda, eskalator, dan elevator.

Terowongan ini dibangun berdasarkan prinsip-prinsip pengembangan kawasan berorientasi transit yang universal, termasuk ramah terhadap penyandang disabilitas.

Rencananya, terowongan pejalan kaki bawah tanah ini dibangun dengan anggaran sebesar Rp 150 miliar dan akan dikerjakan selama 18 bulan ke depan.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan, terowongan ini akan menjadi permulaan terwujudnya jaringan interkoneksi bawah tanah di rute MRT.

"(terowongan) Bukan hanya memudahkan pola pergerakan, tapi juga mengaktivasi ruang bawah tanah sebagai ruang produktif baru di Jakarta," ujarnya dikutip dari laman MRT Jakarta.

Pembangunan berorientasi transit akan membuat Jakarta bertransformasi. Memprioritaskan pejalan kaki, pesepeda, transportasi publik, dan pengguna kendaraan rendah emisi.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.