Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Proyek Kereta Layang Jatinegara-Tanah Abang-Kemayoran akan Dievaluasi

Kompas.com - 06/07/2022, 21:00 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Proyek pembangunan jalur kereta api layang lingkar dalam (Elevated Inner Loop Line) Jatinegeara-Tanah Abang-Kemayoran akan dievaluasi oleh pemerintah.

Proyek tersebut merupakan salah satu dari tiga proyek strategis nasional (PSN) yang akan dievaluasi oleh Dirjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan karena dinilai belum menunjukkan kemajuan. 

“Ada tiga proyek PSN yang akan kita usul untuk dievaluasi lagi karena kegiatan proyek hingga sekarang belum menunjukan progress,” ujar Dirjen Perkeretapian Zulfikri dalam rapat dengar pendapat (RDP) bersama dengan Komisi V DPR RI, Rabu (6/7/2022) di Jakarta.

Baca juga: Teknologi Kereta Api, dari Geolokasi Real Time hingga Tenaga Hidrogen

Dua proyek  PSN lainnya yang akan dievaluasi adalah proyek Kereta Api Puruk Cahu–Batanjung melalui Bangkuang dan proyek Kereta Api Badung–Buleleng.

Secara total ada 10 kegiatan PSN antarkota dan 6 PSN perkotaan yang diusulkan dalam periode tahun 2020 hingga 2024.

Menurut Zulfikri, dari seluruh proyek PSN yang ada di bawah tanggung jawab Ditjen Perkeretaapian, sebanyak 4 proyek telah selesai dikerjakan.

“Proyek-proyek PSN yang sudah selesai dibangun yakni Kereta Api Tebing Tinggi di Kuala Tanjung. LRT di Provinsi Sumatera Selatan, Double Ttrack lintas Selatan Jawa serta Kereta Api Bandara Yogyakarta Kulonprogo,” jelasnya.

Sementara itu, sebanyak 9 proyek pekerjaan yang sementara dikerjakan dan diharapkan bisa rampung dalam waktu dekat.

Baca juga: Canggih, China Punya Rel Kereta Api yang Lintasi Gurun Pasir

Proyek PSN Ditjen Perkeretaapian yakni Kereta Api Rantau Prapat-Duri-Pekan Baru, Kereta Logistik Lahat-Muaraenim-Prabumulih-Tarahan dan Prabumulih-Kertapati.

Kemudian proyek MRT Jakarta Timur-Barat fase 1, proyek LRT Jakarta lintas JIS-Kelapa Gading, MRT Jakarta Utara-Selatan, LRT Jabodebek, Kereta Api Makassar-Parepare tahap 1 dan Kereta Api Jakarta-Surabaya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com