Cara Erick Thohir Memoles Gedung-gedung Tua Kota Jakarta agar Relevan dengan Kekinian

Kompas.com - 05/07/2022, 16:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - "Kalau Sarinah bisa, yang lain pun bisa".

Demikian Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir berseru melalui akun Twitter resminya @erickthohir seusai memeriksa Gedung Jasindo di Kota Tua dan Pos Bloc di Pasar Baru pada Sabtu (7/5/2022).

Erick melanjutkan, fasilitas bersejarah ini masih perlu ditingkatkan. Oleh karena itu, gedung-gedung tua dan terbengkalai milik Kementerian BUMN di kawasan Kota Tua bakal direnovasi serta menjadi pusat ekonomi kreatif.

Erick tidak ingin gedung-gedung bersejarah peninggalan era Kolonial Belanda hanya menjadi aset tua tanpa ada geliat perekonomian.

Baca juga: Menilik Potensi Wisata Bersejarah Kota Tua

Keinginan ini semakin kuat, terlebih setelah Kementerian BUMN berhasil merampungkan renovasi Sarinah yang kini menjadi lokasi favorit berkonsep urban forest di Ibu Kota Jakarta.

"Tahun depan akan kita bangun, supaya Kota Tua (Jakarta) bisa seperti Kota Tua Semarang, gedung BUMN ini kita bisa hidupkan," ujar Erick.

Gedung Jasindo

Gedung Jasindo terletak di sisi utara Taman Fatahillah dan menghadap ke timur. Adalah Eduard Cuypers dan Marius Hulswit yang berperan sebagai arsitek gedung ini pada tahun 1912.

Cuypers dan Hulswit bersama Fermont te Weltevreden kala itu membangun biro arsitek dan insinyur di Hindia Belanda bernama Architect en Ingineurs Bureau Hulswit Fermont Ed. Cuypers.

Sebelum menjadi milik PT Asuransi Jasindo, gedung tersebut dikenal dengan nama NV West-Java Handel-Maatschappij (WEVA) atau Kantoorgebouwen West-Java Handel Maatschappij.

Tertulis dalam Surat Keputusan Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Nomor 1074 Tahun 2019 tentang Penetapan Gedung Jasindo Taman Fatahillah sebagai Bangunan Cagar Budaya, Gedung Jasindo adalah salah satu bangunan cagar budaya Jakarta.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.