Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bangun Gedung OJK Palembang, HK-Adhi Fokus Sistem Air Limbah Daur Ulang

Kompas.com - 05/07/2022, 12:24 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Bersama PT Adhi Karya (Persero) Tbk, PT Hutama Karya (Persero) telah merampungkan proyek pembangunan Gedung Kantor Wilayah Otoritas Jasa Keuangan (OJK) di Palembang, Sumatera Selatan (Sumsel).

Proyek senilai Rp 146,4 miliar ini dibangun dengan memperhatikan pengelolaan air limbah yang dapat didaur ulang.

Penyelesaian gedung ini dilakukan tepat waktu yakni pada April 2022 dan telah diresmikan oleh Gubernur Sumsel Herman Daru pada 27 Juni 2022 silam.

Selain memperhatikan pengelolaan air limbah, Gedung Kantor Wilayah OJK di Palembang juga menggunakan kaca gedung yang memenuhi standar bangunan green building (gedung hijau).

Direktur Operasi II Hutama Karya Ferry Febrianto menuturkan, dalam kerja sama operasi (KSO) dengan Adhi Karya, perseroan telah menyelesaikan beberapa pekerjaan.

Ini mulai dari perencanaan, struktur, arsitektur, mechanical, electrical, & plumbing (MEP), interior, hingga lanskap.

"Kami benar-benar memperhatikan kualitas dari bangunan yang dikerjakan agar bangunan ini
dapat digunakan sesuai dengan kebutuhan pengguna gedung OJK ini,” ujar Ferry dalam siaran pers, Selasa (5/7/2022).

Ferry menambahkan, target waktu yang cukup singkat dan keterbatasan area kerja menjadi tantangan tersendiri dalam pembangunan proyek ini.

Sehingga, imbuh dia, dibutuhkan strategi dan fokus yang optimal untuk mencapai target penyelesaian.

 Baca juga: Dibangun Hutama Karya, 2 Kantor OJK Ini Telan Dana Rp 326 Miliar

“Dari sisi teknologi, KSO Adhi-HK menggunakan Building Information Modelling (BIM) untuk memudahkan berbagai aspek pekerjaan dalam proyek ini termasuk manajemen site (manajemen lapangan)," jelas Ferry.

Selain itu, lokasi proyek yang berada di jalan protokol ini berbatasan langsung dengan perumahan warga yang juga menjadi tantangan.

Jadi, diperlukan pendekatan sosial yang intens serta sosialisasi kepada instansi terkait maupun warga sekitar proyek pembangunan gedung.

Konstruksi pembangunan Gedung OJK ini digarap dalam 309 hari kerja, dimana kontrak pekerjaan ditandatangani pada 25 Juni 2021 lalu.

Dengan luas bangunan 14.453 meter persegi, gedung ini terdiri dari 8 lantai yang terbagi atas area podium 5 lantai dan area parkir dengan konsep mezzanine.

Area perkantoran ini terdiri dari lantai 1 untuk area lobby, lantai 2 untuk gedung pertemuan, dan lantai 3, 4 hingga lantai 8 akan dijadikan ruang kantor yang dapat menampung sejumlah 685 karyawan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com