Per Akhir Juni, BP Tapera Telah Danai 1.394 Rumah Senilai Rp 208,9 Miliar

Kompas.com - 05/07/2022, 11:35 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Hingga akhir Juni 2022, Badan Pengelola Tabungan Perumahan Rakyat (BP Tapera) telah merealisasikan akad pembiayaan pembiayaan perumahan sebanyak 1.394 unit atau setara dengan Rp 208,9 miliar.

Khusus untuk Provinsi Jawa Timur (Jatim), BP Tapera telah merealisasikan akad pembiayaan perumahan sebanyak 115 unit.

Jumlah ini setara dengan Rp 16,29 miliar dengan total paling banyak berada di daerah Malang yakni sebanyak 15 unit.

Pejabat Sekretaris Daerah Provinsi Jatim Wahid Wahyudi menyampaikan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jatim sangat mendukung dan mengapresiasi kehadiran BP Tapera dalam memberikan solusi kepada para PNS Jawa Timur.

Sebab, mereka dapat mendapatkan manfaat pembiayaan rumah dari Tapera.

Untuk itu, Wahid juga terus mengajak para PNS dari seluruh Badan Kepegawaian dan Diklat Daerah masing-masing di wilayah Jatim segera melakukan pemutakhiran data di portal Sitara.

Kini, masih ada 64,96 persen PSN masih belum melakukan pemutakhiran data individu pada portal layanan akun kepesertaan BP Tapera, Sitara.

“Dalam rangka memberikan layanan yang lebih baik kepada peserta, kami imbau kepada para
PNS untuk dapat segera memutakhirkan data diri masing-masing di portal Sitara” ujar Deputi Komisioner BP Tapera Bidang Pengerahan Dana Tapera Eko Ariantoro.

Baca juga: PNS Jatim, Segera Mutakhirkan Data Individu Tapera!

Dalam portal Sitara, memang terdapat 10 isian yang bersifat mandatori dan confidential atau rahasia yang hanya dapat diisi oleh para peserta.

Secara keseluruhan, Jatim memiliki 341.335 peserta Tapera aktif. Dari jumlah tersebut, 299.164 orang telah dimutakhirkan oleh para pemberi kerjanya melalui Sitara sejak pertengahan tahun 2021.

Berdasarkan data yang diperoleh BP Tapera dari para PNS di Jawa Timur yang telah
memutakhirkan data, minat peserta terhadap bantuan pembiayaan Tapera dengan skema
konvensional yaitu 8.993 peserta memilih Kredit Pemilikan Rumah atau KPR.

Kemudian, 1.536 peserta memilih Kredit Bangun Rumah atau KBR, dan 21.526 peserta memilih Kredit Renovasi Rumah atau KRR.

Sedangkan untuk skema syariah, sebanyak 1.279 peserta memilih Pembiayaan Pemilikan Rumah atau PPR, 232 peserta memilih Pembiayaan Bangun Rumah atau PBR, 2.259 peserta memilih Pembiayaan Renovasi Rumah atau PRR.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.