Kompas.com - 05/07/2022, 07:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat Anda hendak menonton film, pernahkah terpikir kenapa letak bioskop selalu ada di lantai paling atas mal?

Rupanya hal tersebut didasari oleh faktor marketing hingga arsitektur bangunan bioskop yang harus dibuat sedemikian rupa.

Dari faktor marketing, pengunjung yang ingin menonton bisa terlebih dahulu memutari mal. Hal ini mendorong mereka untuk berbelanja.

Sedangkan apabila bioskop ada di lantai bawah, pengunjung akan memiliki sedikit kemungkinan untuk memasuki toko-toko lain.

Sementara dari sisi arsitektur bangunan, Anggota Dewan Arsitek Indonesia (DAI) Bambang Eryudhawan menjelaskan terkait hal ini.

Baca juga: Terbaru, Ini Aturan Masuk Bioskop PPKM Level 1 Jawa dan Bali

Jelasnya, arsitektur bioskop membutuhkan ruangan yang besar dan tanpa kolom atau tiang. Ini paling cocok dengan ruangan di lantai paling atas mal.

"Bioskop di atas karena butuh ruangan tanpa kolom atau tanpa tiang. Kalau di lantai bawah itu kan banyak tiang yang jaraknya berdekatan sekitar 8 meter," katanya seperti dikutip dari Kompas.com, Senin (4/7/2022).

Di bagian dalam mal biasanya terdapat tiang penyangga yang jaraknya cukup berdekatan yaitu sekitar 8 meter.

Jika mengukur satu ruangan bioskop, rata-rata membutuhkan ruangan tanpa tiang dengan lebar sekitar 20 meter sampai 39 meter.

"Tiang di mal itu jaraknya 8 meter. Bioskop butuh ruang tanpa kolom dengan lebar 20 meter sampai 39 meter. Coba bayangkan kalau ruangan bioskop di dalamnya ada tiang penyangga. Kan buat pengunjung juga terganggu dan nggak nyaman," jelasnya.

Baca juga: Simak, Tips Mudah Membuat Bioskop Mini di Rumah

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.