Kompas.com - 04/07/2022, 16:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Para pemenang sayembara konsep perancangan kawasan dan bangunan gedung di Ibu Kota Nusantara (IKN) telah diumumkan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPRR), Selasa (28/6/2022).

Desain yang disayembarakan terdiri dari Kompleks Istana Wakil Presiden (Wapres), Perkantoran Legislatif, Yudikatif, serta Peribadatan.

Sayembara ini mulai dibuka pada 28 Maret 2022 lalu, hingga akhirnya ditetapkan pemeringkatan tiga karya terbaik pada 20 Juni 2022-22 Juni 2022 oleh Menteri PUPR Basuki Hadimuljono bersama dengan dewan juri.

Baca juga: Lingkar Demokrasi Juara 3 Sayembara Kantor DPR di IKN, Ini Makna Konsep Desainnya

Salah satu pemenang desain sayembara konsep perancangan kawasan dan bangunan gedung di IKN adalah Aku Rukun.

Aku Rukun.Dok. Titik Garis Bidang/Mei Mumpuni Aku Rukun.
Karya firma arsitektur Titik Garis Bidang ini menempati posisi juara dua dalam kategori Kompleks Peribadatan pada sayembara yang diselenggarakan oleh Kementerian PUPR tersebut.

Setidaknya, ada 13 arsitek Titik Garis Bidang yang terlibat dalam rancangan Aku Rukun. Mereka adalah Mei Mumpuni, Rego Nugroho, Iko Daeng, Dhanendra Prathama, dan Bondan Ramadhana.

Kemudian, Niken Larasati, Josia Rastandi, Darmawan David, Feri Susanto, Agus Setiawan, Faris de Indonesia, serta Nindya Pratiwi.

Prinsipal Titik Garis Bidang Mei Mumpuni menjelaskan latar belakang dari tema desain kompleks peribadatan yang diusulkan tersebut.

Menurutnya, kemajemukan beragama di Indonesia adalah rahmat dari Tuhan Yang Maha Esa (YME) yang harus disyukuri.

Aku Rukun.Dok. Titik Garis Bidang/Mei Mumpuni Aku Rukun.
"Melalui perbedaan, kita bisa saling memberi dan saling menerima, saling asah, asih, dan asuh yang disertai dengan semangat persaudaraan yang tinggi dalam bingkai Indonesia," ungkapnya kepada Kompas.com, Sabtu (2/7/2022).

Baca juga: Desain Istana Negara IKN Dinilai Hanya Cocok Jadi Museum Burung

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.