Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jalan Lingkar Timur Tuntas Dibangun, Kemacetan Ruas Cirebon-Kuningan Bisa Terurai

Kompas.com - 02/07/2022, 16:13 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian PUPR telah menyelesaikan pembangunan Jalan Lingkar Timur Kuningan di Kabupaten Kuningan, Provinsi Jawa Barat.

Pengerjaan jalan sepanjang 7,24 kilometer ini dimulai sejak tahun 2020 dan selesai pada Desember 2021.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, peningkatan aksesibilitas serta konektivitas jaringan infrastruktur jalan untuk memberikan kelancaran, keselamatan, keamanan, juga kenyamanan perjalanan pengendara.

"Akses jalan yang semakin baik juga akan menunjang perekonomian masyarakat sekitar," ujarnya dalam keterangan tertulis, Sabtu (02/07/2022).

Baca juga: Genjot Pariwisata Pulau Nias, Jalan Lingkar Baru Dibangun 7 Kilometer

Pembangunan Jalan Lingkar Timur Kuningan dimulai dari Desa Garatengah, Kecamatan Japara hingga Desa Kedungarum, Kecamatan Kuningan.

Fungsinya untuk mengurangi beban lalu lintas ruas Cirebon-Kuningan, sehingga lalu lintas bisa lebih lancar, sekaligus dapat menekan angka kecelakaan.

Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) DKI Jakarta-Jawa Barat Kementerian PUPR Wilan Oktavian menambahkan, ruas jalan nasional di Kuningan melewati pusat kota.

Namun dengan adanya Jalan Lingkar Timur Kuningan bisa mengurai kemacetan. Karena kendaraan tidak lagi menumpuk di pusat kota.

Jalan Lingkar Timur Kuningan di Kabupaten Kuningan, Provinsi Jawa Barat.Dok. Kementerian PUPR Jalan Lingkar Timur Kuningan di Kabupaten Kuningan, Provinsi Jawa Barat.
"Jadi kendaraan besar dan angkutan umum tidak akan melewati kota lagi dan langsung masuk akses ke terminal," katanya.

Baca juga: Soal Pembangunan Jalan Tol, Basuki: Kualitas Is a Must

Pembangunan Jalan Lingkar Timur Kuningan sepanjang 7,24 kilometer menggunakan APBN senilai Rp 97,3 miliar.

Lingkup pekerjaannya meliputi pembangunan ruas jalan sesuai standar nasional lebar badan jalan 7,5 meter dan bahu jalan 2 meter, serta pembangunan jembatan sepanjang 50 meter.

Pembangunan jalan lingkar timur ini merupakan kolaborasi antara Kementerian PUPR dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kuningan.

Di mana sebelumnya Pemkab Kuningan telah membangun sepanjang 6,5 kilometer dari total sekitar 13,7 kilometer.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com