Dekat Kawasan Mangrove, Sirkuit F1 Bintan Disebut Akan Berkonsep Hijau

Kompas.com - 02/07/2022, 12:30 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Sirkuit F1 Bintan di Kepulauan Riau (Kepri) diproyeksikan bakal menjadi venue balapan yang berkonsep hijau.

Karena lokasi sirkuit yang terletak di Kawasan Lagoi itu berdekatan dengan wilayah konservasi hutan bakau atau mangrove.

Ketua Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo mengatakan, adanya mangrove menjadi keunikan tersendiri untuk Bintan International Circuit.

"Itu yang bisa menjadi daya tarik utama kita dengan konsep green circuit," ujarnya dikutip dari laman resmi Diskominfo Kepri.

Baca juga: Lokasi Sirkuit F1 Bintan Ditetapkan di Lagoi, Bakal Punya 18 Tikungan

Sementara itu, Gubernur Kepri Ansar Ahmad menambahkan, hutan mangrove di sekitar Sirkuit F1 Bintan sangat luas. Mengelilinginya bisa menghabiskan waktu hingga 90 menit.

"Bisa satu setengah jam kalau kita berkeliling, jadi konsep sirkuit ini sangat berwawasan eco tourism," jelasnya.

Sehingga, sirkuit yang memiliki lintasan sepanjang 5,2 kilometer dan 18 tikungan itu menawarkan lansekap suasana hutan bakau yang asri.

General Manager Bintan Resort Cakrawala Abdul Wahab optimistis Bintan International Circuit bisa menjadi daya tarik wisatawan asing di kawasan Indonesia Barat.

Terlebih Lagoi sudah dikenal sebagai kawasan wisata terpadu yang banyak menawarkan eco tourism dan sport tourism.

"Adanya Bintan International Circuit ini semakin melengkapi fasilitas yang sudah ada di Lagoi, jadi pasar wisatawan internasional kita akan semakin tertarik datang ke Bintan," pungkas Abdul Wahab.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.