Sederet Pembangunan Infrastruktur di Pulau Nias, Mulai Rumah Khusus Hingga Jalan

Kompas.com - 02/07/2022, 11:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian PUPR menggalakkan sederet pembangunan infrastruktur yang tersebar di sejumlah wilayah Pulau Nias.

Hal itu sejalan dengan Instruksi Presiden (Inpres) nomor 4 Tahun 2022 tentang Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem (PKE).

Mengingat sejumlah kabupaten di Pulau Nias ditetapkan sebagai daerah tertinggal sesuai Peraturan Presiden No 63 Tahun 2020 dan juga tergolong daerah dengan kemiskinan ekstrem.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, telah memprogramkan pembangunan jalan, penyediaan air, rehabilitasi sekolah, perumahan, dan juga Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) di Pulau Nias.

"Kali ini saya ingin mengecek sejumlah progresnya," ujar Basuki di Nias pada Jumat (01/07/2022), dikutip dari laman Kementerian PUPR.

Baca juga: Genjot Pariwisata Pulau Nias, Jalan Lingkar Baru Dibangun 7 Kilometer

Salah satu bentuk pembangunan infrastruktur di Pulau Nias.Dok. Kementerian PUPR Salah satu bentuk pembangunan infrastruktur di Pulau Nias.
Bidang Perumahan

Di bidang perumahan, Kementerian PUPR pada tahun 2021 lalu telah membangun Rumah Khusus Masyarakat Miskin di Nias Utara. Yakni tipe 36 sebanyak 20 unit dengan anggaran Rp 3,2 miliar.

 

Sementara pada tahun 2022, telah dialokasikan anggaran sebesar Rp 15 miliar untuk program BSPS atau bedah rumah mendukung PKE di Nias Selatan sebanyak 200 unit, Nias Barat 250 unit, dan Nias Utara 300 unit.

Bidang Permukiman dan Sekolah

Pada 2021 Kementerian PUPR telah melaksanakan program Sanitasi Berbasis Masyarakat (Sanimas) reguler di sejumlah Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM).

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.