Kompas.com - 02/07/2022, 10:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Rencana peningkatan pelayanan Bus Trans Semarang kini tengah disiapkan, salah satunya melalui jalur khusus.

Hal ini diketahui saat perwakilan Kota Sofia dari Bulgaria menjajal bus tersebut dalam rangka mengenali sistem transportasi di Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng).

Informasi tersebut sebagaimana disampaikan Country Coordinator for Indonesia IURC Asia & Australasia Dini Laraswati dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Jumat (1/7/2022).

"Hari ini, perwakilan Kota Sofia dari Bulgaria berkeliling menggunakan Bus Trans Semarang dalam rangka mengenali sistem transportasi umum di Kota Semarang," ungkap Dini.

Dini mengatakan, mereka menjalani tur yang merupakan bagian dari studi kunjungan kota Bulgaria ke Indonesia melalui International Urban and Regional Cooperation (IURC).

Ini merupakan program yang didanai oleh Uni Eropa untuk mempromosikan kerja sama antar kota di dunia demi mencapai pembangunan perkotaan berkelanjutan.

Setelah berkeliling, delegasi Kota Semarang mengunjungi rute yang rencananya akan dilalui oleh rangkaian trem nantinya.

Baca juga: Kurangi Kepadatan Jalur Darat, Rute Laut Jakarta-Semarang Dikaji

Sofia telah berpengalaman dalam pengembangan jalur bus serta revitalisasi sistem trem untuk mempromosikan penggunaan transportasi umum dan mengurangi emisi gas rumah kaca.

Kota ini berharap dapat berbagi pengetahuan tentang cara meningkatkan dan mengelola moda transportasi umum demi mencapai transportasi berkelanjutan.

Selanjutnya, Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang maupun Sofia bertemu dengan perwakilan dari perusahaan Gojek guna menjajaki kerja sama serta peluang bisnis.

Adapun Semarang merupakan salah satu dari dua kota di Indonesia yang diundang untuk berpartisipasi dan bekerja sama dengan kota-kota Uni Eropa melalui program IURC.

"Mobilitas adalah salah satu tema utama IURC dan menjadi prioritas Kota Sofia dan Semarang," lanjutnya.

Karena, mobilitas perkotaan berkelanjutan dengan emisi rendah akan membantu mengatasi masalah perubahan iklim sekaligus meningkatkan akses kepada warga.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.