Hadi Tjahjanto Target Penyelesaian 3 Kasus Mafia Tanah di Sulsel, Ini Progresnya

Kompas.com - 01/07/2022, 15:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kasus mafia tanah masih merajalela di Indonesia. Ini menjadi pekerjaan rumah bagi pemerintah untuk menyelesaikannya.

Termasuk kasus yang terjadi di Sulawesi Selatan (Sulsel), pada 2022 Kementerian ATR/BPN memiliki tiga target prioritas penyelesaian sengketa pertanahan yang disebabkan oleh mafia tanah.

"Pertama tanah Al-Markaz, kedua tanah untuk Waduk Tunggu Pampang, dan ketiga tanah eks kebun binatang," ujar Menteri ATR/Kepala BPN Hadi Tjahjanto dikutip dari laman Kementerian ATR/BPN pada Jumat (01/07/2022).

Baca juga: Masyarakat yang Urus Sertifikat Tanah Mandiri Harus Jadi Prioritas

Menurutnya, untuk menyelesaikan kasus-kasus tersebut dibutuhkan komitmen bersama dalam menjalankan tugas dan fungsi Satgas Anti Mafia Tanah

Tidak hanya di Sulawesi Selatan, tetapi juga seluruh satuan kerja di Indonesia.

"Ini komitmen kita bersama dan kita pastikan bahwa prosedur hukum dilanjutkan dengan baik. Sekali lagi, hati-hati dengan mafia tanah," tuturnya.

Pada kesempatan yang sama, Kapolda Sulawesi Selatan, Nana Sudjana menyampaikan progres penyelesaian sengketa pertanahan yang ditargetkan selesai pada tahun 2022. 

 

Pertama, untuk permasalahan tanah Al-Markaz sampai saat ini proses penyelidikannya sedang berlangsung dan masih terus berlanjut.

Baca juga: Kasus 300 Sertifikat Tanah yang Disita BLBI, Hadi Tjahjanto Pastikan Tidak Akan Merugikan Warga Jasinga

Kemudian untuk Waduk Tunggu Pampang sudah terpenuhi yang artinya sudah selesai dituntaskan. 

Terakhir, penanganan tanah eks kebun binatang sampai saat ini sudah dilakukan penetapan tersangka dan telah dilakukan penahanan terhadap tersangka.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.