Basuki Usul Lelang Tol Akses Pelabuhan Patimban Pakai LCB, Apa Itu?

Kompas.com - 30/06/2022, 12:30 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengusulkan lelang metode Local Competitive Bidding (LCB) untuk proyek Jalan Tol Akses Pelabuhan Patimban.

Maksudnya, metode lelang ini akan menggunakan pendanaan dari luar negeri tetapi mengedepankan kontraktor-kontraktor lokal.

Namun demikian, hal ini masih menjadi pembahasan dengan Japan International Cooperation Agency (JICA).

"LCB umumnya tidak dipakai untuk paket fisik sebesar ini, untuk itu Pemerintah Jepang memerlukan waktu untuk meneliti penggunaan metode LCB,” ujar Basuki dikutip dari laman Kementerian PUPR, Kamis (30/6/2022).

Sementara itu, Chief Representative JICA Takehiro Yasio mengatakan, JICA telah menerbitkan surat persetujuan untuk pelaksanaan advance procurement consulting services (layaan konsultasi pengadaan lanjutan) dengan metode post-qualification (pascakualifikasi).

Selain terkait Tol Akses Pelabuhan Patimban, Basuki juga membahas terkait peningkatan studi yang tengah berlangsung oleh JICA.

Baca juga: Indonesia dan Jepang Sepakat Kembangkan Kapasitas Pelabuhan Patimban

Salah satu studi strategis dan telah selesai Maret 2022 lalu adalah Formulation in Irrigation System and Development and management Strategy for Food Security (FIDAMS).

Di samping FIDAMS, terdapat dua studi yang tengah berlangsung. Pertama, Project for Coastal Disaster risk Reduction Plan Study on The North Coast of Java Island.

Studi ini bertujuan untuk mengurangi risiko bencana seperti banjir rob dan erosi pantai di Pantai Utara Pulau Jawa melalui survei data dasar dan perumusan rencana induk pengelolaan pesisir.

Untuk studi ini, Basuki minta untuk difokuskan di dua kota di Provinsi Jawa Tengah yaitu Pekalongan dan Semarang.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.