Kompas.com - 29/06/2022, 10:30 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian PUPR sedang menyelesaikan sejumlah proyek infrastruktur untuk menudukung pelaksanaan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 tahun 2022 di Indonesia.

Seluruh pekerjaan sarana dan prasarana tersebut ditargetkan rampung paling lambat pada Agustus 2022.

Hal tersebut disampaikan Direktur Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR Diana Kusumastuti dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Komisi V DPR di Jakarta, Selasa (28/06/2022).

Baca juga: Sama-sama untuk G20, Dana Renovasi TMII Lebih Besar dari Beautifikasi Bali

"Salah satunya Renovasi Taman Mini Indonesia Indah (TMII) dengan alokasi Rp 891 miliar. Saat ini progres fisiknya 59,17 persen dan harus selesai di Juli 2022," ujar Diana.

Selanjutnya Kementerian PUPR juga mendapat tugas melakukan pembangunan terminal VVIP Bandara I Gusti Ngurah Rai untuk mempermudah akses tamu KTT G20

"Pekerjaan VVIP bandara Ngurah Rai alokasi anggarannya sebesar Rp 52 miliar dengan progres fisiknya 53,97 persen dan Agustus 2022 harus selesai," tandasnya.

Masih di Pulau Dewata, Penataan Kawasan Mangrove Tahura Ngurah Rai juga ditargetkan selesai pada Juli 2022. Kini progres fisiknya mencapai 50,55 persen.

Tampak bangunan Terminal VVIP yang lagi dikebut pembangunannya oleh Kementerian PUPR di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali, menyambut para tamu KTT G20 pada November mendatang.Dokumentasi Kementerian PUPR Tampak bangunan Terminal VVIP yang lagi dikebut pembangunannya oleh Kementerian PUPR di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali, menyambut para tamu KTT G20 pada November mendatang.
Penataan Kawasan Mangrove yang berada di sekitar kawasan Waduk Muara Nusa Dua tersebut akan digunakan sebagai showcase mangrove.

Baca juga: G20 di Bali, Menhub Ajak Sinarmas-Mitsubishi Gelar Pameran Kendaraan Listrik

Kemudian di NTB, untuk penataan Koridor Kawasan Mandalika sudah menyelesaikan progres fisik mencapai 70,15 persen.

"Dan untuk peningkatan fasilitas pendukung di Labuan Bajo, saat ini baru 19,31 persen, namun kami upayakan Agustus 2022 juga sudah selesai," tukasnya.

KTT G20 merupakan pertemuan puncak yang dihadiri seluruh kepala pemerintahan/negara anggota G20. 

Anggota G20 terdiri dari Afrika Selatan, Amerika Serikat, Arab Saudi, Argentina, Australia, Brasil, India, Indonesia, Inggris, Italia, Jepang, Jerman, Kanada, Meksiko, Republik Korea, Rusia, Perancis, Tiongkok, Turki, dan Uni Eropa.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.