Demi Tol Kapal Betung, Waskita Teken Fasilitas Pinjaman SMI Rp 2,9 Triliun

Kompas.com - 27/06/2022, 20:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Waskita Sriwijaya Tol (WST) dan PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI) sepakat menandatangani perjanjian fasilitas pinjaman investasi senilai Rp 2,9 triliun.

Kesepakatan tersebut bertujuan untuk mendukung pembangunan proyek ruas Tol Kayu Agung-Palembang-Betung (Kapal Betung).

Fasilitas pinjaman investasi tersebut memiliki tenor selama 15 tahun dengan grace period
selama 60 bulan.

Sehingga melalui perolehan fasilitas pinjaman investasi tersebut, maka kebutuhan pembiayaan seluruh proyek ruas Tol Kapal Betung sudah terpenuhi.

Sebelumnya, pemerintah telah menyalurkan Penyertaan Modal Negara (PMN) sebesar Rp 3 triliun pada akhir tahun 2021 melalui PT Waskita Karya (Persero) Tbk dan PT Waskita Toll Road (WTR) untuk proyek ruas Tol Kapal Betung.

Baca juga: Demi Proyek IKN, Waskita Bakal Pasok 40 Persen Beton Pra-cetak

Adapun PMN berikutnya sebesar Rp 2 triliun direncanakan akan diberikan pada tahun 2022.

Direktur Utama WST Herwidiakto menyampaikan signifikansi dari terlaksananya penandanganan fasilitas pinjaman investasi atas ruas tol Kapal Betung.

“Selain untuk menjaga komitmen WST dalam memenuhi kewajiban kepada para kreditur, fasilitas pinjaman investasi ini dapat mempercepat proses pembangunan Ruas Kapal Betung Seksi II dan III," jelasnya, mengutip rilis, Senin (27/6/2022).

Lanjut Herwidiakto, pihaknya tengah berupaya keras agar ruas Tol Kapal Betung dapat segera beroperasi secara penuh agar manfaatnya semakin dapat dirasakan oleh masyarakat.

Pasalnya, selain meningkatkan konektivitas antar wilayah di Sumatera, kehadiran ruas Tol Kapal Betung juga dapat memperlancar arus distribusi barang dan pusat industri.

Baca juga: Waskita Cetak Kontrak Baru Rp 8,13 Triliun, Meroket 321,43 Persen

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.