Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jakarta atau Surabaya, Manakah Kota yang Lebih Layak Huni?

Kompas.com - 27/06/2022, 16:30 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Divisi penelitian dan analisis dari perusahaan The Economist Group, Economist Intelligence Unit (EIU) baru saja mengeluarkan indeks kota yang paling layak dihuni tahun 2022 atau The Global Liveability Index 2022.

Dari 172 kota di seluruh dunia yang di survei, dua kota besar di Indonesia yakni Jakarta dan Surabaya juga masuk dalam daftar.

Namun sayang, hasil survei tersebut cukup mengecewakan. Jakarta dan Surabaya bahkan masuk dalam daftar 20 kota yang memiliki indeks layak huni terendah.

Terdapat lima indikator yang dinilai yakni soal stabilitas, kesehatan, pendidikan, infrastruktur serta budaya dan lingkungan. Berdasarkan survei, total nilai indeks kelayakan yang didapatkan oleh Jakarta adalah 51.

Baca juga: Apakah Ibu Kota Jakarta Layak untuk Dihuni?

Rincian skornya adalah indikator stabilitas 60, indikator kesehatan 29, indikator budaya dan lingkungan, 49, indikator pendidikan 67 serta indikator infrastruktur 57. Sebagai catatan, setiap indikator yang dinilai ideal akan mendapatkan skor 100.

Sementara itu, Surabaya berada di peringkat yang lebih rendah yakni peringkat 155 dengan total nilai indeks kelayakan huni adalah 50.

Lanskap kota Surabaya, Jawa TimurShutterstock Lanskap kota Surabaya, Jawa Timur

Berdasarkan indikator budaya dan lingkungan, pendidikan serta infrastruktur skor Surabaya memang lebih rendah dari Jakarta yakni berturut-turut 44, 50 dan 50.

Namun dua indikator lainnya yakni stabilitas dan kesehatan, Surabaya lebih unggul. Sebagai informasi, skor stabilitas di Surabaya berada di angka 65. Sementara skor indikator kesehatan kota Pahlahwan tersebut adalah 39.

Apa yang diraih oleh Jakarta dan Surabaya memang masih sangat jauh dibandingkan dengan kota-kota di Eropa Barat dan Kanada yang mendominasi posisi 10 besar.

Baca juga: Mengupas Rencana Proyek Kereta Semi Cepat Jakarta-Surabaya

Ibu Kota Austria, Wina, kembali mendapatkan predikat sebagai kota paling layak huni di dunia setelah sebelumnya mendapatkan predikat yang sama tahun 2018 dan 2019.

Wina bahkan mencatatkan skor indeks 99,1, di mana semua indikator penilaiannya mendapatkan angka yang nyaris sempurna. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com