Kompas.com - 25/06/2022, 16:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN) mengucurkan dana sebesar Rp 1,96 triliun untuk proyek bendungan sejak Januari 2022 hingga 17 Juni 2022.

Pada tahun-tahun sebelumnya, LMAN biasanya mengucurkan dana sektor non-jalan tol untuk beberapa proyek selain bendungan seperti pelabuhan dan perkeretaapian.

Namun, kali ini berbeda karena LMAN hanya mengucurkan dana pengadaan lahan untuk proyek bendungan.

Hal ini disampaikan oleh Direktur Pengadaan dan Pendanaan Lahan LMAN Qoswara dalam media briefing di Jakarta, Jumat (25/6/2022).

"Yang menarik adalah untuk non-tol, tahun lalu biasanya masih ada selain bendungan, ada pelabuhan, ada kereta api. Tapi, di pertengahan tahun ini, 17 Juni (2022) tidak terselip namanya selain bendungan," terang Qoswara.

Dana sebesar Rp 1,96 triliun itu dialokasikan untuk lima proyek bendungan yakni Margatiga senilai Rp 608 miliar.

Kemudian, Bendungan Bener senilai Rp 436 miliar, Sadawarna Rp 226 miliar, Karian dan Rukoh, masing-masing sebesar Rp 183 miliar dan Rp 111 miliar.

Baca juga: Dana Pengadaan Lahan Tol Solo-Kulonprogo Terbesar, Capai Rp 792 Miliar

Sejak tahun 2016 hingga 17 Juni2022, LMAN menyalurkan dana sebesar Rp 95,89 triliun untuk pengadaan lahan Proyek Straregis Nasional (PSN).

Dari jumlah tersebut, realisasi pendanaan lahan bagi sektor jalan tol merupakan yang tertinggi yakni senilai Rp 81,74 triliun.

Lalu, diikuti oleh proyek bendungan senilai Rp 9,84 triliun, kereta api Rp 2,83 triliun, dan pelabuhan Rp 795 miliar.

Selanjutnya, proyek irigasi Rp 562 miliar, air baku sebesar Rp 30 miliar, serta Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) senilai Rp 85 miliar.

Pendanaan lahan jalan tol melalui skema pembayaran langsung memiliki porsi besar, yaitu 80 persen atau Rp 3,21 triliun.

Sementara sisanya atau senilai Rp 828 miliar dilakukan lewat dana talangan Badan Usaha Jalan Tol (BUJT).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.