Dana Pengadaan Lahan Tol Solo-Kulonprogo Terbesar, Capai Rp 792 Miliar

Kompas.com - 25/06/2022, 11:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Jalan Tol Yogyakarta-Solo-Kulonprogo mendapatkan kucuran dana pengadaan lahan terbanyak dari Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN) per 17 Juni 2022.

Hal ini disampaikan oleh Direktur Pengadaan dan Pendanaan Lahan LMAN Qoswara dalam media briefing di Jakarta, Jumat (24/6/2022).

"Kalau kita lihat, juaranya disini Tol Yogyakarta-Solo-Kulonprogo (kucuran dana pengadaan lahan) Rp 792 miliar dibayar dari Januari awal-17 Juni (2022)," ucap Qoswara.

Posisi kedua ditempati oleh Jalan Tol Trans-Sumatera (JTTS) Rp 741 miliar, diikuti Tol Jakarta-Cikampek (Japek) II Sisi Selatan Rp 367 miliar.

Sementara urutan keempat dan kelima ditempati oleh Jalan Tol Cinere-Jagorawi (Cijago), dan Tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu (Becakayu), masing-masing sebesar Rp 290 miliar dan Rp 275 miliar.

Qoswara menjelaskan, ada beberapa ekosistem dalam proses pengadaan lahan seperti Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Kementerian ini yang mempunyai beberapa proyek infrastruktur seperti jalan tol maupun bendungan.

Baca juga: Hingga 17 Juni, Kucuran Dana Pengadaan Lahan Tol Tembus Rp 4,03 Triliun

Lalu, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dengan proyek perkeretaapian maupun pelabuhan.

Selanjutnya, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) dengan proyek Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Mandalika di Nusa Tenggara Barat (NTB).

"Jadi, ada tiga kementerian/lembaga. Kedua, tidak akan terwujud tanahnya, tidak akan dapat dibayar tanahnya jika tidak ada peran serta dari Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) yang jadi ujung tombak," ungkapnya.

Lalu, ada juga Komite Percepataan Penyediaan Infrastruktur Prioritas (KPPIP) yang menjadi champion dalam Proyek Strategis Nasional (PSN).

Ketika ada permasalahan dalam PSN, kementerian/lembaga yang bertanggung jawab adalah Kantor Staf Presiden maupun Kementerian Koordinator Kemaritiman dan Investasi (Kemenkomarves).

"Kita sama-sama, semua pihak berkolaborasi, bagaimana proyek ini bisa selesai sesuai dengan waktu yang ditentukan," pungkasnya.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.