Okupansi Hotel Berbintang di Jakarta Diprediksi Pulih Total pada 2023

Kompas.com - 23/06/2022, 16:30 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Tingkat hunian hotel berbintang di empat provinsi termasuk DKI Jakarta diprediksi pulih total dan bisa mengungguli okupansi tahun 2019 pada 2023.

Hal ini menyusul laporan Hotel Investment Strategies (HIS) yang menunjukkan okupansi hotel berbintang di Indonesia pada April 2019 senilai 53,9 persen turun menjadi 12,7 persen pada April 2020.

Sementara itu, sebanyak 14 provinsi termasuk Riau dan Banten kemungkinan akan pulih pada Kuartal II-2022.

Lalu tiga provinsi termasuk Jawa Barat dan Nusa Tenggara Barat diprediksi juga akan mengungguli okupansi tahun 2019 pada Kuartal II-2022.

Sedangkan delapan provinsi termasuk Lampung dan Jawa Timur baru akan pulih pada Kuartal IV-2022.

Baca juga: Jemaah Haji Indonesia Menginap di Hotel Bintang Tiga, Ini Fasilitasnya

"Dan lima provinsi termasuk Bali dan Kepulauan Riau kemungkinan tidak akan mengungguli okupansi 2019 hingga setidaknya 2024," ujar CEO HIS Ross Woods kepada Kompas.com, Rabu (22/06/2022).

Menurutnya, meski saat ini tingkat hunian terus menunjukkan pemulihan, nilainya diprediksi masih tertinggal jika dibandingkan dengan okupansi sebelum pandemi.

"Berdasarkan tren saat ini, kami percaya okupansi bulanan untuk hotel berbintang di Indonesia akan terus tertinggal dari okupansi yang tercatat pada 2019 hingga April 2023," tambahnya.

Kendati demikian, berdasarkan Colliers Market Insights tercatat okupansi hotel di Jakarta pada akhir tahun 2021 telah mencapai 70 persen.

Pertumbuhan positif juga ditunjukkan oleh tingkat hunian hotel di Bali pada periode yang sama menyentuh 40 persen.

Baca juga: Kenaikan Harga Listrik Tak Goyahkan Bisnis Hotel dan Restoran

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.