Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sebelum Menginap, Ketahui Perbedaan Guest House dan Hotel

Kompas.com - 23/06/2022, 14:15 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Guest house dan hotel merupakan akomodasi yang kerap menjadi tempat menginap terutama bagi mereka yang sedang berada jauh dari rumah.

Pada prinsipnya, kedua fasilitas ini menyediakan akomodasi bagi satu orang atau sekelompok orang yang ingin menginap dalam waku singkat baik untuk keperluan pekerjaan maupun liburan.

Namun, ada perbedaan besar di antara keduanya berdasarkan layanan, manajemen, dan biaya yang harus dibayarkan.

Baca juga: Ini Prediksi Waktu Pulihnya Okupansi Hotel Bintang di Sejumlah Provinsi

Bila hotel memiliki puluhan hingga ratusan kamar dalam satu gedung, guest house memberikan jumlah kamar yang lebih sedikit, biasanya berkisar antara 4 hingga 10 kamar saja.

Meskipun hotel telah dilengkapi dengan fasilitas yang nyaman, namun suasana hotel terkadang tidak membuat seorang tamu merasa seperti di rumah.

Berbeda dengan guest house yang memiliki bentuk seperti rumah dan menawarkan semua layanan dan fasilitas yang sebanding dengan hotel bintang lima.

Seperti namanya, istilah guest house merujuk kepada menjadi tamu di rumah orang lain. Meski tak sebanyak di hotel, guest house juga telah dilengkapi dengan beberapa orang staf yang akan mengurus semua kebutuhan tamu.

Salah satu hal terpenting yang membedakan guest house dari hotel adalah nuansa yang bisa didapatkan para tamu. 

Semua kamar hotel umumnya didesain mirip dan mungkin membuat seseorang merasa terjebak dan bosan. 

Di sisi lain, guest house menawarkan suasana yang nyaman karena orang tersebut merasa seperti tinggal di rumah dan bukan hanya sebuah ruangan dengan beragam fasilitas.

Apalagi guest house telah dilengkapi dengan fasilitas seperti dapur, ruang tamu, layanan binatu bahkan taman sehingga Anda akan merasa seperti tinggal di rumah sendiri.

Baca juga: Guest House Kim Kadarshian Ternyata Milik Seorang Samurai

Soal biaya menginap, kedua fasilitas ini menawarkan harga yang relatif mirip. Biasanya semakin lengkap dan mewah fasilitas yang didapatkan, maka biayanya pun semakin mahal. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com