Kompas.com - 23/06/2022, 14:15 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Guest house dan hotel merupakan akomodasi yang kerap menjadi tempat menginap terutama bagi mereka yang sedang berada jauh dari rumah.

Pada prinsipnya, kedua fasilitas ini menyediakan akomodasi bagi satu orang atau sekelompok orang yang ingin menginap dalam waku singkat baik untuk keperluan pekerjaan maupun liburan.

Namun, ada perbedaan besar di antara keduanya berdasarkan layanan, manajemen, dan biaya yang harus dibayarkan.

Baca juga: Ini Prediksi Waktu Pulihnya Okupansi Hotel Bintang di Sejumlah Provinsi

Bila hotel memiliki puluhan hingga ratusan kamar dalam satu gedung, guest house memberikan jumlah kamar yang lebih sedikit, biasanya berkisar antara 4 hingga 10 kamar saja.

Meskipun hotel telah dilengkapi dengan fasilitas yang nyaman, namun suasana hotel terkadang tidak membuat seorang tamu merasa seperti di rumah.

Berbeda dengan guest house yang memiliki bentuk seperti rumah dan menawarkan semua layanan dan fasilitas yang sebanding dengan hotel bintang lima.

Seperti namanya, istilah guest house merujuk kepada menjadi tamu di rumah orang lain. Meski tak sebanyak di hotel, guest house juga telah dilengkapi dengan beberapa orang staf yang akan mengurus semua kebutuhan tamu.

Salah satu hal terpenting yang membedakan guest house dari hotel adalah nuansa yang bisa didapatkan para tamu. 

Semua kamar hotel umumnya didesain mirip dan mungkin membuat seseorang merasa terjebak dan bosan. 

Di sisi lain, guest house menawarkan suasana yang nyaman karena orang tersebut merasa seperti tinggal di rumah dan bukan hanya sebuah ruangan dengan beragam fasilitas.

Apalagi guest house telah dilengkapi dengan fasilitas seperti dapur, ruang tamu, layanan binatu bahkan taman sehingga Anda akan merasa seperti tinggal di rumah sendiri.

Baca juga: Guest House Kim Kadarshian Ternyata Milik Seorang Samurai

Soal biaya menginap, kedua fasilitas ini menawarkan harga yang relatif mirip. Biasanya semakin lengkap dan mewah fasilitas yang didapatkan, maka biayanya pun semakin mahal. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.