Kompas.com - 22/06/2022, 20:04 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan bahwa pembangunan infrastruktur dasar Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur (Kaltim) sudah dimulai.

Hal tersebut ditandai dengan adanya pembangunan Bendungan Sepaku Semoi hingga Persemaian Mentawir di Kabupaten Penajam Paser Utara.

"Adanya bendungan ini menunjukkan pembangunan basic infrastruktur (IKN) sudah mulai. Juli nanti, pembangunan jalan utama dari jalan Tol Balikpapan juga dimulai," ujar Jokowi ketika meninjau Bendungan Sepaku Semoi, Rabu (22/06/2022), dikutip dari laman presidenri.go.id.

Baca juga: Kajian Tol Bawah Laut IKN Dikebut, Pembangunan Mulai Agustus 2022

Pembangunan Bendungan Sepaku Semoi dengan daya tampung 10 juta meter kubik bertujuan menyokong kebutuhan air baku IKN. 

Selain itu, infrastruktur ini memiliki manfaat air baku 2.500 liter per detik. Sebanyak 2.000 liter per detik untuk IKN, sementara sisanya 500 liter per detik untuk Kota Balikpapan.

Bendungan yang ditargetkan selesai awal 2023 ini juga diproyeksikan dapat mereduksi banjir sebesar 55,26 persen.

Seperti inilah pembangunan Bendungan Sepaku Semoi yang berada di kawasan Tengin Baru, Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Senin (23/5/2022). Jika sudah terselesaikan, bendungan ini akan menyediakan air hingga 2.500 liter per detik, dengan peruntukan sebagian besar bagi Ibu Kota Nusantara (IKN).KOMPAS.com/ARDI PRIYATNO UTOMO Seperti inilah pembangunan Bendungan Sepaku Semoi yang berada di kawasan Tengin Baru, Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Senin (23/5/2022). Jika sudah terselesaikan, bendungan ini akan menyediakan air hingga 2.500 liter per detik, dengan peruntukan sebagian besar bagi Ibu Kota Nusantara (IKN).
Direktur Jenderal Sumber Daya Air Kementerian PUPR Jarot Widyoko menambahkan, Bendungan Sepaku Semoi merupakan salah satu dari dua pengerjaan infrastruktur air baku IKN yang sudah on-going.

"Sekarang progres di Bendungan Sepaku Semoi sudah 56 persen," jelasnya kepada Jokowi.

Selain Bendungan Sepaku Semoi, pemerintah juga sedang membangun Intake Bendungan Sepaku yang saat ini progres pembangunannya baru mencapai 13 persen.

Nantinya, Intake Bendungan Sepaku akan memberikan manfaat air baku sebesar 3.000 liter per detik dan ditargetkan selesai pada Desember 2022 mendatang.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.