Persingkat Headway, Menhub Usulkan Penambahan Jumlah Kereta Saat Mudik

Kompas.com - 22/06/2022, 07:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengusulkan agar pemerintah melalui PT Kereta Api Indonesia (KAI) menambah sarana perkeretaapian di jalur-jalur yang masih memungkinkan.

Hal ini dilakukan untuk mempersingkat headway serta meningkatkan kapasitas angkut mengingat peminat kereta api (KA) terus meningkat.

Selain itu, Menhub juga mengusulkan adanya penambahan jumlah sarana angkutan bus serta melaksanakan program mudik gratis dengan angkutan umum.

Angkutan massal perlu ditambah. Jadi memang bagaimana kita melakukan upaya orang kembali ke angkutan umum, baik dalam kota maupun luar kota harus dilaksanakan,” katanya dalam Rapat Kerja Komisi V DPR RI bersama Kementerian Perhubungan, Kementerian PUPR, BMKG dan Basarnas, Senin (20/6/2022).

Menhub juga menjelaskan, ada beberapa lesson-learned dari kegiatan mudik Lebaran 2022 yang dapat diambil sebagai acuan ke depannya.

Baca juga: Kurangi Kepadatan Jalur Darat, Rute Laut Jakarta-Semarang Dikaji

“Kita memang perlu melakukan beberapa lesson-learned yang dapat diambil agar mudik ini bisa lancar dan yang akan datang menjadi baik,” tambah Menhub.

Salah satu lesson-learned yang perlu dicermati adalah terkait penurunan jumlah penumpang angkutan umum pada mudik tahun ini sebesar 22,6 persen dibandingkan tahun 2019.

Namun demikian, terdapat hari-hari tertentu di mana jumlah penumpang angkutan umum pada mudik kali ini lebih tinggi dibandingkan 2019.

Di sisi lain, masih terdapat beberapa permasalahan dan kekurangan dalam penyelenggaraan mudik Lebaran 2022.

Misalnya, kemacetan di Tol Cipali, Tol Cipularang, Jabodetabek, ruas jalan menuju Pelabuhan Merak hingga penumpukan di penyebrangan Merak-Bakauheni.

Baca juga: Agar Lebih Banyak Peminat, Anggaran Mudik Gratis 2023 Akan Ditambah

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.