Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cerita Fitria Yusuf, Memulai Karier sebagai Penulis hingga Jadi Bos CMNP

Kompas.com - 21/06/2022, 13:30 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Anda mungkin masih terasa asing dengan nama Fitria Yusuf dalam dunia infrastruktur di Indonesia.

Padahal, perempuan kelahiran 9 Desember 1982 ini merupakan wanita yang berperan besar di balik perusahaaan jalan tol swasta pertama di Indonesia, PT Citra Marga Nusaphala Persada Tbk.

CMNP merupakan perusahaan jalan tol yang berdiri sejak 13 April 1987 dengan ruas pengusahaan Jalan Tol Cawang-Tanjung Priok (North South Link/NSL) sepanjang 19,03 kilometer.

Kemudian, Jalan Tol Tanjung Priok-Jembatan Tiga/Pluit (Harbour Road/HBR) sepanjang 13,93 kilometer.

Kedua ruas jalan tol ini tergabung dalam Jalan Tol Ir. Wiyoto Wiyono yang membentang 32,96 kilometer yang merupakan bagian dari ruas Tol Dalam Kota Jakarta.

Melalui anak-anak usahanya, CMNP juga memiliki konsesi Jalan Tol Simpang Susun Waru-Bandara Juanda Surabaya, Tol Depok-Antasari-Bogor, serta Tol Soreang-Pasir Koja (Soroja).

Fitria bercerita, awal mula perjalanan kariernya bukanlah di bidang infrastruktur, melainkan menjadi penulis, fashion, hingga properti.

Seiring berjalannya waktu, dia terjun ke bidang infrastruktur yang notabene tidak ada hubungannya dengan karier Fitria sebelumnya.

"Karena saya percaya, infrastruktur itu merupakan kunci penting untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan juga menyambungkan antara daerah-daerah di Indonesia," jelas Fitria dalam Webinar Women in Toll Road Industry "Women’s Leadership through Their Experiences", Selasa (21/6/2022).

Sehingga, dia berpikir sebagai wanita yang tidak memiliki latar belakang di bidang infrastruktur harus berani mengambil tantangan tersebut.

Direktur Utama PT Citra Marga Nusaphala Persada Tbk Fitria Yusuf.Instagram.com/fitriayusuf_official Direktur Utama PT Citra Marga Nusaphala Persada Tbk Fitria Yusuf.
Dia beralasan, selain mendukung program Presiden Joko Widodo (Jokowi), anak dari Jusuf Hamka ini juga merupakan tipikal wanita yang pantang menyerah.

Baca juga: JLJ dan CMNP Mengelola Sementara Tol Akses Tanjung Priok

Padahal, saat itu, dia cukup takut karena kebanyakan orang yang harus dihadapi adalah pria, mereka yang sudah lebih berpengalaman, hingga insinyur pada bidang konstruksi.

Namun, Fitria merasa bersyukur bisa menapaki karier di bidang infrastruktur karena memiliki mentor-mentor yang sangat baik, salah satunya Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Danang Parikesit.

"Saya melihat sebenarnya yang berbeda (dengan karier sebelumnya) nggak ada, tetapi tentunya hubungan-hubungan yang harus dibina itu berbeda dari sebelumnya," ujar Fitria.

Menurut Fitria, hubungan yang dibina di bidang fashion lebih mengarah ke desainer dan client dan penulis dengan mewawancarai narasumber.

Sementara di bidang infrastruktur, Fitria harus membina hubungan yang baik kepada Pemerintah, stakeholder (pemangku kepentingan), serta instansi terkait lainnya.

Sehingga, lebih banyak tanggung jawab yang diemban serta harus menguasai wawasan yang lebih luas untuk terjun ke bidang tersebut.

Baca juga: Tol Desari Bakal Nyambung ke Salabenda

Sebagai informasi, Fitria memulai karier di CMNP pada tahun 2012-2013 dengan menduduki jabatan sebagai Komisaris.

Kemudian, 2013-2014, dia menjabat sebagai Komisaris Independen CMNP. Sementara tahun 2018 hingga sekarang, Fitria memegang posisi Direktur Utama perusahaan jalan tol non-Badan Usaha Milik Negara (BUMN) tersebut.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com