Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Resmi Dibuka, Ini Kata Penumpang Soal Fasilitas Stasiun Matraman

Kompas.com - 21/06/2022, 05:30 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah baru saja menggelar soft launching Stasiun Matraman di Jakarta Timur pada Minggu (19/6/2022).

Sebelumnya, Stasiun Matraman telah diuji coba mulai Jumat (17/6/2022). Tercatat sekitar 1.230 pengguna jasa KRL Commuter Line yang menggunakan Stasiun Matraman per harinya.

Stasiun yang mulai dibangun pada tahun 2016 oleh Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) senilai Rp 34 miliar ini dilengkapi dengan sejumlah fasilitas.

Baca juga: Revitalisasi Stasiun Pondok Ranji Tuntas, Pemerintah Ajak Developer Bikin TOD

Terkait hal tersebut, salah seorang pengguna jasa bernama Novita mengaku nyaman menggunakan fasilitas yang tersedia di Stasiun Matraman.

Novita bersama suami dan anaknya yang hendak menuju Stasiun Tanah Abang mengaku baru pertama kali naik KRL dari Stasiun Matraman.

Eskalator Stasiun MatramanKompas.com/Aisyah Sekar Ayu Maharani Eskalator Stasiun Matraman
“Sangat nyaman, lengkap dengan fasilitas adanya musala. Toilet dan sekitarnya bersih dan nyaman,” ungkap Novita kepada Kompas.com seusai menggunakan fasilitas musala.

Jelasnya, kehadiran Stasiun Matraman mempermudah kegiatan masyarakat di sekitar karena tidak perlu terlalu jauh ke Stasiun Jatinegara terlebih dahulu ketika ingin naik KRL.

Untuk diketahui, Stasiun Matraman merupakan lanjutan dari pembangunan Double-Double Track (DDT) di lintas Manggarai-Cikarang.

Baca juga: Stasiun Matraman Didesain Ramah Difabel, Ini Fasilitasnya

Lokasi Stasiun Matraman strategis, yakni berada di antara Stasiun Jatinegara dan Stasiun Manggarai yang terkenal sebagai stasiun KRL tersibuk.

Sehingga dibukanya Stasiun Matraman diharapkan bisa mereduksi kepadatan volume penumpang KRL dan menunjang kelancaran mobilitas masyarakat di Matraman, Kampung Melayu, Jatinegara, dan Manggarai.

Toilet Stasiun MatramanKompas.com/Aisyah Sekar Ayu Maharani Toilet Stasiun Matraman
Stasiun Matraman memiliki 2 jalur kereta dengan sebuah peron sepanjang 250 meter dan lebar 5 meter. Bangunannya terdiri dari 2 lantai dengan luas bangunan 3.010 meter persegi.

Stasiun Matraman dilengkapi fasilitas 2 unit eskalator, 1 unit lift, 2 tangga manual, serta area parkir seluas 2.625 meter persegi.

Terdapat pula loket, mesin tiket, pintu elektronik masuk dan keluar area stasiun, toilet pria/wanita dan toilet difabel, serta musala pria/wanita.

Kemudian, tersedia ruang kesehatan, ruang laktasi, ruang staf stasiun, ruang pelayanan barang tertinggal, serta area pelayanan pengguna lainnya.

Untuk keamanan dan keselamatan, Stasiun Matraman dilengkapi dengan CCTV, Alat Pemadam Api Ringan (APAR), sistem alarm kebakaran serta penangkal petir.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com