[POPULER PROPERTI] Begini Syarat Urus Sertifikat Tanah 0 Rupiah

Kompas.com - 20/06/2022, 09:16 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Masyarakat bisa dikenakan tarif 0 rupiah alias gratis untuk mengurus sertifikat tanah.

Biaya itu disebut sebagai tarif atas jenis penerimaan negara bukan pajak (PNBP). Berlaku terhadap tiga layanan pertanahan.

Kendati demikian, kelompok masyarakat yang memenuhi kriteria pengenaan tarif nol rupiah tetap harus mengajukan permohonan saat mengurus sertifikat tanah.

Salah satunya adalah masyarakat tidak mampu yang besar penghasilan per bulan di bawah upah minimum masing-masing kabupaten/kota berlaku.

Caranya, melampirkan surat keterangan dari Ketua RT/RW setempat dan diketahui oleh lurah, kepala desa, atau nama lainnya;

Ini menjadi artikel terpopuler di kanal Properti Kompas.com, Senin (20/6/2022).

Lantas, bagaimana dengan kriteria lainnya? Informasi selengkapnya bisa Anda baca di sini Urus Sertifikat Tanah Nol Rupiah? Berikut Syarat Pengajuannya

Seperti yang telah disebutkan, tidak semua masyarakat harus membayarkan sejumlah biaya ketika mengurus sertifikat tanah di Kantor Pertanahan (Kantah).

Sebab, untuk kelompok masyarakat tertentu, pengurusan sertifikat tanah dapat dikenakan tarif nol rupiah alias gratis.

Sebagaimana tertuang dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 128 Tahun 2015 tentang Jenis dan Tarif Atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak yang Berlaku Pada Kementerian ATR/BPN.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.