Khas Majapahit, Ini Wajah Baru Pasar Benteng Pancasila di Mojokerto

Kompas.com - 20/06/2022, 06:30 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian PUPR telah menyelesaikan pembangunan Pasar Benteng Pancasila di Kota Mojokerto, Jawa Timur.

Pembangunan Pasar Benteng Pancasila mulai dikerjakan pada Januari 2020 pasca terbakar tahun 2017 silam.

Konsep pembangunan Pasar Benteng Pancasila disesuaikan karakter budaya Kota/Kabupaten Mojokerto yang identik dengan bangunan pada masa Majapahit.

Konstruksi pasar dibangun dengan desain batu bata berarsitektur Mojopahitan di atas lahan seluas 2.610 meter persegi dengan luas bangunan 1.992 meter persegi.

Baca juga: Dibangun Rp 152 Miliar, Pasar Induk Kota Batu Malang Berisi 1.733 Kios

Pasar Benteng Pancasila di Kota Mojokerto, Jawa Timur.Dok. Kementerian PUPR Pasar Benteng Pancasila di Kota Mojokerto, Jawa Timur.
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, pembangunan Pasar Benteng Pancasila dilakukan dengan meningkatkan fungsi pasar sebagai sarana perdagangan rakyat.

Sehingga menjadi bangunan yang aman, nyaman, bersih, tertata, dan lebih estetis atau tidak tampak kumuh.

"Diharapkan, infrastruktur pasar yang berkualitas dapat dirasakan langsung manfaatnya, terutama menjamin distribusi bahan pokok dan turut menggerakan sektor riil atau UMKM yang merata hingga pelosok desa di seluruh Indonesia,” ujar Basuki dikutip dari laman Kementerian PUPR, Minggu (19/06/2022).

Pembangunan Pasar Benteng Pancasila dikerjakan kontraktor PT Karya Bumi Indah dengan anggaran APBN sekitar Rp 13 miliar.

Pasar Benteng Pancasila di Kota Mojokerto, Jawa Timur.Dok. Kementerian PUPR Pasar Benteng Pancasila di Kota Mojokerto, Jawa Timur.
Untuk pekerjaan persiapan, K3, bangunan pasar kios A, B, C, dan D, gapura dan pagar, drainase, paving tempat parkir.

Lalu, tempat pengelolaan sampah, toilet, renovasi mushola, instalasi jaringan pemadam kebakaran, rumah pompa, reservoir, dan 2 titik sumur bor.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.