Kompas.com - 10/06/2022, 10:39 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kehadiran LG Energy Solution membuka pengembangan fase kedua dari proyek Kawasan Industri Terpadu (KIT) Batang, Provinsi Jawa Tengah.

Dalam pengembangan fase kedua, perusahaan asal Korea Selatan (Korsel) yang merupakan bagian dari LG Chem ini akan menempati lahan seluas 275 hektar.

LG Energy Solution masuk ke dalam pengembangan KIT Batang untuk merealisasikan rencana investasi industri baterai listrik terintegrasi tahap kedua.

Hal itu dilakukan menyusul acara groundbreaking fasilitas sel baterai senilai total 1,1 miliar miliar yang dilaksanakan di Karawang, Jawa Barat pada September 2021.

Hadirnya LG Energy Solution di KIT Batang Tahap Kedua ditandai dengan seremoni yang dihadiri oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi), Duta Besar Korea Selatan untuk Indonesia Park Tae-Sung, Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia.

Kemudian, Menteri Sekretariat Negeri (Mensesneg) Pratikno, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir, President of LG Energy Solution Bang Soo Lee, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, Bupati Batang Wihaji, Direktur Utama PT PP (Persero) Tbk Novel Arsyad, dan masih banyak lagi.

Baca juga: Para Pekerja KIT Batang Bakal Tempati 10 Tower Rusun

Menurut Novel, seremoni tersebut menunjukkan bahwa KIT Batang diminati oleh investor raksasa.

Hal itu dibuktikan dari terjual habis pengembangan fase pertama yang mencakup area seluash 450 hektar.

"Sehingga, saat ini pengembangan KIT Batang memasuki fase kedua dimana pengembangan kawasan mencakup seluas 1.000 hektar," kata Novel dalam rilis yang diterima Kompas.com, Jumat (10/6/2022).

Dia mengatakan, KIT  Batang merupakan salah satu kawasan pilihan di Indonesia yang ditawarkan dapat menjadi sentra industri baru dengan harapan dapat ,endatangkan investor asing untuk membenamkan modalnya di Indonesia.

Sementara itu, perseroan sebagai anggota konsorsium yang juga berperan sebagai kontraktor nasional siap bersinergi dengan LG Energy Solution dalam pembangunan pabrik dengan kualitas terbaik.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.