Kompas.com - 09/06/2022, 06:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Penerapan sistem transaksi tol tanpa non-tunai nirsentuh atau Multi Lane Free Flow (MLFF) akan mengubah wajah jalan tol pada masa depan.

Sebab, kehadiran gerbang tol (GT) sebagai tempat transaksi membayar jalan bebas hambatan akan dihilangkan.

Hal itu disampaikan oleh Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Danang Parikesit mengatakan ini usai media briefing di Jakarta, Selasa (7/6/2022).

"Pasti sudah berubah, kita kan mendapatkan desain baru Bina Marga untuk mendapatkan desain gate (gerbang) ya sehingga itu simplify (penyederhanaan) desain," ujar Danang.

Ini terutama apabila akan diterapkan MLFF secara penuh yang akan membuat GT besar tak lagi digunakan.

Contohnya, kata Danang, saat ini Jalan Tol Cinere-Serpong Seksi 2 Pamulang-Cinere sudah mengalami penyederhanaan di GT-nya.

"Seperti yang kita lihat sebenarnya kan contoh Tol Cinere-Serpong udah simplify desain itu ya kan, hanya rangka baja kemudian ada kain terpal putihnya. Jadi, tidak menggunakan model gedung besar," ungkap dia.

Dengan diterapkannya transaksi nirsentuh MLFF, akan ada beberapa manfaat yang didapatkan seperti bisa menghilangkan waktu antrean menjadi nol detik.

Baca juga: Transaksi Nir-sentuh Tanpa Setop MLFF, Akan Diuji Coba di 6 Tol Ini

Manfaat lainnya adalah efisiensi biaya operasional dan juga meminimalisasi bahan bakar kendaraan.

Lalu, memudahkan pengguna jalan karena bayar tol tanpa hambatan, informatif, aman, nyaman, berkelanjutan, dan juga dapat meningkatkan efisiensi pendapatan tol, serta mengurangi tingkat kemacetan pada jam-jam padat.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.