Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fitch Ratings Copot Peringkat China Evergrande Group

Kompas.com - 03/06/2022, 18:44 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

Sumber Reuters

JAKARTA, KOMPAS.com - Lembaga pemeringkat internasional, Fitch Ratings memutuskan untuk menarik peringkatnya kepada pengembang properti raksasa, China Evergrande Group.

Tak hanya China Evergrande Group. Dua anak perusahaanya yakni , Hengda Real Estate Group Co Ltd dan Tianji Holding Ltd juga ditarik peringkatnya.

Seperti dikutip dari Reuters, dalam sebuah pernyataan resmi pada Kamis (1/6/2022), pihak Fith Ratings mengatakan bahwa pihak perusahaan tidak lagi memiliki alasan yang cukup untuk mempertahankan peringkat Evergrande.

Baca juga: Evergrande Lepas Proyek City Light Plaza dengan Harga Rp 2,9 Trilun

Karena itu, Fitch tidak akan lagi memberikan peringkat atau analisis data baik untuk Evergrande maupun kedua anak perusahaannya tersebut.

Sebelumnya pada Desember 2021, Fitch Ratings juga menurunkan peringkat Evergrande, Hengda Real Estate Group dan Tianji Holding menjadi apa yang disebut status "gagal bayar terbatas".

Hal ini memang sesuai dengan kondisi di lapagan di mana mengatakan perusahaan-perusahaan tersebut telah gagal memenuhi kewajiban obligasi luar negeri mereka.

Total utang Evergrande sendiri diketahui mencapai 300 miliar Dolar AS atau setara dengan Rp 4.290 triliun.

Mereka pun telah berjuang untuk membayar pemasok dan menyelesaikan proyek-proyek perumahan namun utang tersebut belum kunjung lunas. 

Evergrande kabarnya tengah mempertimbangkan untuk membayar kembali pemegang obligasi publik luar negeri baik melalui angsuran tunai maupun ekuitas, dimana total utangnya mencapai 19 miliar Dolar AS atau setara Rp 274,2 triliun.

Baca juga: China Evergrande Lanjutkan 95 Persen Proyek Konstruksi

Pada bulan Maret lalu, Evergrande mengatakan akan menyelesaikan proposal restrukturisasi utang awal pada akhir Juli.

Selain Fitch Ratings, akhir tahun lalu lembaga pemeringkat S&P juga menurunkan peringkat Evergrande menjadi "default selektif" setelah melewatkan pembayaran utang luar negeri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com