Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 02/06/2022, 18:00 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah menginginkan masyarakat yang tinggal di Ibu Kota Nusantara (IKN), Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim), menjadi berdaya.

Ini disampaikan oleh Koordinator Bidang Informasi dan Komunikasi Tim Transaski IKN Nusantara Sidik Pramono dalam perbincangan bersama Kompas.com di Jakarta, Kamis (2/6/2022).

"Kita mau kota yang rekat, kemudian masyarakat juga terberdayakan dengan kehadiran IKN Nusantara," ungkap Sidik.

Hal itu bisa dicapai dengan peningkatan kompetensi maupun up-skilling (peningkatan keterampilan).

Sidik mengatakan, kegiatan tersebut sudah dirancang oleh Pemerintah agar masyarakat yang tinggal di IKN menjadi sosok berdaya.

Menurutnya, konsep IKN merupakan kota tumbuh bersama secara sosial, baik untuk warga pionir maupun pendatang.

IKN memegang lima prinsip konsep desain yakni smart workplace (kota kerja cerdas), smart living (hunian cerdas), dan smart mobility and transportation (mobilitas dan transportasi cerdas).

Baca juga: Mengenal 5 Prinsip dalam Konsep Desain IKN Nusantara

Lalu, smart nature preservation (kota pelestarian alam cerdas), juga smart transformation of nation and culture (transformasi kota cerdas bangsa dan budaya).

1. Konsep smart workplace menerapkan desain kompleks pemerintahan yang terkonsolidasi dan terkoneksi antar-bangunan.

Lalu, mewujudukan lingkungan kerja yang sehat, people-oriented (berorientasi pada manusia), perkantoran dengan konsep hijau dan berkinerja tinggi.

2. Smart Living merupakan kota dengan mengedepankan kehidupan kompak berkinerja tinggi, efisien dan layak huni sehingga mewujudkan kota inklusif berbasis komunitas.

3. Smart Mobility dan Transportation yang diartikan sebagai ibu kota berbasis transit, mengutamakan pergerakan cepat, efisien dan sehat bagi warga kota yang ditunjang dengan 80 persen transit transportasi publik, iklim kondusif untuk pejalan kaki, serta mengadaptasi smart transport (transportasi cerdas) dan autonomous system (sistem otonom).

4. Smart Nature Preservation atau kota yang tetap menjaga ekosistem alam dan hidup bersinergi dengan alam, misalnya meningkatkan kekayaan dan keberagaman flora dan fauna dan mengembangkan botanical garden dan International Center for Tropical Forestry.

5. Smart Transformation of Nation and Culture atau kota dengan mengedepankan kehidupan berbangsa dan berbudaya melalui ruang-ruang simbolis bersama untuk merayakan kesatuan dan kebhinnekaan nusantara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com