Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Agar Hemat Listrik, Ketahui Tips Penggunaan Kulkas yang Tepat

Kompas.com - 31/05/2022, 07:00 WIB
Muhdany Yusuf Laksono,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Semua orang tentu ingin menghemat tagihan listrik di rumahnya. Salah satunya melalui pemaikaian kulkas.

Mengingat kulkas merupakan peralatan rumah tangga yang banyak dimiliki masyarakat. Mungkin lebih banyak dibandingkan AC.

Apalagi pada umumnya kulkas selalu menyala tanpa henti. Sehingga, kulkas berpotensi memakan daya listrik cukup banyak apabila tidak tepat dalam menggunakannya.

Untuk itu, Anda patut mengetahui dan menerapkan beberapa tips pemakaian kulkas agar hemat listrik.

Baca juga: Perhatikan, 5 Kebiasaan Ini Bisa Menyebabkan Kulkas Rusak

1. Letak Kulkas

Pastikan kulkas memiliki ventilasi yang cukup untuk menghindari kerusakan dan peningkatan konsumsi energi karena panas berlebih.

Letak kulkas yang tanpa celah ini akan membuat kompresor tidak bisa melepaskan panas. Akibatnya kulkas akan bekerja lebih keras dan panas.

Untuk itu, baiknya Anda meletakkan kulkas di tempat yang paling sejuk, beri jarak setidaknya 5 cnetimeter dari dinding, dan jauh dari sumber panas.

Adapun sumber panas yang dimaksud seperti oven, kompor, radiator, sinar matahari langsung, dan sebagainya.

2. Mengatur Suhu

Mengatur suhu kulkas menjadi cara lain untuk dapat menghemat listrik. Meskipun cara ini sebetulnya menyesuaikan kondisi suhu ruangan serta isi kulkas.

Namun, salah satu parameter yang bisa Anda terapkan yakni mengatur suhu antara 4 derajat celsius hingga 5 derajat celsius. Sementara untuk freezer sekitar -18 derajat celsius.

3. Perawatan Teratur

Mencairkan es yang sudah membeku dan menumpuk pada freezer akan membantu menghemat listrik kulkas. Sehingga Anda patut mengawasinya secara berkala.

Selain itu, Anda juga harus membersihkan coil kondensor dan radiator yang terletak di bagian belakang kulkas secara teratur.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com