Kompas.com - 27/05/2022, 16:30 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur bakal memiliki kawasan perkantoran tersendiri.

Untuk pembangunan dan pengembangan kawasan perkantoran di IKN, pemerintah telah membuat kebijakan rencana tata ruangnya.

Sebagaimana tertuang dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 64 Tahun 2022 tentang Rencana Tata Ruang Kawasan Strategis Nasional Ibu Kota Nusantara Tahun 2022-2042.

Merujuk Pasal 81, kawasan perkantoran yang dimaksud merupakan kawasan untuk pengembangan kegiatan pelayanan pemerintahan dan tempat bekerja/berusaha yang dilengkapi fasilitas umum serta sosial.

Baca juga: Para ASN Bakal Ngantor di IKN dengan Konsep Sharing

Kawasan perkantoran di IKN akan berdiri di atas lahan seluas 471,50 hektar. Mencakup di tiga wilayah perencanaan kawasan.

Meliputi WP Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP), WP IKN Timur 2 di Kawasan Ibu Kota Nusantara (KIKN), dan WP Kuala Samboja di Kawasan Pengembangan lbu Kota Nusantara (KPIKN).

Selanjutnya, di dalam Pasal 125 disebutkan bahwa kawasan perkantoran di IKN memiliki ketentuan umum zonasi. Berkaitan dengan kegiatan pemanfaatan ruangnya.

Ketentuan pertama yakni kegiatan yang diperbolehkan. Meliputi pemanfaatan ruang untuk kegiatan pembangunan perkantoran, termasuk kegiatan riset dan pengembangan teknologi.

Kemudian, kegiatan pembangunan sarana dan prasarana umum pendukung kegiatan perkantoran. Serta kegiatan penyediaan RTH sebagai pelengkap dan penunjang kawasan.

Selain itu ada juga kegiatan yang diperbolehkan dengan syarat. Meliputi kegiatan hunian vertikal hingga perdagangan dan jasa dalam rangka pembauran fungsi (mixed-use).

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.