Mengenal Geobag, Material Pelindung Pesisir Pantai dari Abrasi

Kompas.com - 27/05/2022, 14:41 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Banyak cara yang dilakukan oleh pemerintah untuk melindungi daerah pesisir pantai dari pengikisan air laut (abrasi).

Apalagi terjadinya abrasi dapat membuat lebar pesisir pantai menyusut sehingga ruang yang tersedia bagi masyarakat pesisir kian sempit. 

Salah satu material yang banyak dimanfaatkan untuk melindungi pesisir pantai dari ancaman abrasi adalah geobag.

Geobag merupakan wadah berbentuk bantalan yang terbuat dari jahitan kain geotekstik. Umunya jahitan berada di dua tempat, di mana salah sisinya dibiarkan terbuka untuk diisi oleh material tertentu.

Baca juga: Banjir Rob Pantura, Pemerintah Inventarisasi Tanggul dan Pasang Geobag

Biasanya geobag akan diisi oleh pasir, tanah, batu kerikil. Namun kebanyakan kontraktor menggunakan pasir karena dianggap bisa menjadi penghambat air yang baik.

Dikutip dari laman 360 Tech Info, geobag yang terdapat di pasaran umumnya berbahan woven, non woven, atau komposit.

Sebagai informasi, bahan woven adalah jenis geotekstil yang serat polyester sudah dianyam. Dari tampilannya seperti karung beras plastik dan biasanya berwarna hitam.

Sementara itu, bahan non woven adalah jenis geotekstil yang serta polyesternya tidak teranyam. Umumnya bahan non woven diproduksi berwarna putih.

Selain diletakan di pesisir pantai, geobag juga dimanfaatkan untuk melindungi tepi sungai terutama yang berada di lereng gunung. 

Geobag juga kerap dimanfaatkan untuk membuat tanggul sementara ketika terjadi banjir di suatu daerah. 

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.