Lahan Parkir di Tahura Mangrove Ngurah Rai Ditata Jelang G20, Tampung 256 Limusin

Kompas.com - 27/05/2022, 11:29 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tengah menata lahan parkir Kepala Negara seluas 2,6 hektar di sekitar Kawasan Mangrove Tahura Ngurah Rai jelang KTT G20 pada Oktober 2022.

Nantinya, lahan parkir tersebut siap menampung sebanyak 256 unit limusin kepala negara yang terlibat dalam pertemuan tersebut.

Lingkup pekerjaan lainnya, meliputi pembangunan gerbang Candi Bentar, penataan pura, pos jaga petugas, gazebo bale bengong, fasilitas publik, ruang panel, kantin, tangki air dan parkir kendaraan darurat.

Selain itu, juga tengah digarap Kawasan Mangrove Tahura Ngurah Rai yang ditargetkan rampung pada akhir Juli 2022.

“Mulai dihijaukan, ditanami dari sekarang kawasan yang ditata ini. Saat ini progresnya semua sekitar 39,6 persen,” ujar Basuki, mengutip Antara, Jumat (27/5/2022).

Baca juga: Sambut G20, Sejumlah Fasilitas di TMII Direnovasi, September Tuntas

Adapun kawasan mangrove yang terletak di sekitar Waduk Muara Nusa Dua ini akan digunakan sebagai showcase mangrove pada KTT G20 mendatang.

Beberapa lingkup pekerjaan penataan, meliputi pembangunan gerbang masuk, monumen G20, area plaza, beji, wantilan, jalur tracking mangrove, area persemaian, area penerima, menara pandang ke arah Teluk Benoa dan area parkir di sekitar Waduk Muara.

Persiapan juga dilakukan dengan melakukan preservasi jalan dan jembatan sebanyak 9 ruas yang terbagi dalam 2 paket pekerjaan.

Paket I terdiri dari preservasi jalan dan jembatan 7 ruas dengan total panjang 22 kilometer.

Adapun 7 ruas tersebut, yakni Sp. Pesanggaran-Gerbang Benoa, Sp.Kuta-Sp. Pesanggaran, Sp.Kuta-Tugu Ngurah Rai, Sp. Lapangan Terbang-Tugu Ngurah Rai, Tugu Ngurah Rai-Nusa Dua, Sp.Pesanggaran-Sp.Sanur dan Jimbaran-Uluwatu (GWK) dan Sp.Pesanggaran-Sp.Sanur (Sarangan).

Baca juga: Wajah Baru Pantai Marina Labuan Bajo, Lebih Cantik dan Siap Sambut KTT G20

Sedangkan paket II meliputi peningkatan jalan Sp.Siligita-Kempinski dan showcase mangrove sepanjang 6,5 kilometer.

Lebih lanjut, seluruh penataan dilakukan disertai dengan beautifikasi serta penghijauan untuk meningkatkan kualitas dan estetika.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.