BKD Depok Buka Layanan Mobil Keliling PBB On The Spot, Catat Lokasinya

Kompas.com - 26/05/2022, 20:30 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Badan Keuangan Daerah (BKD) Kota Depok memberikan kemudahan pelayanan pembayaran pajak bumi dan bangunan (PBB) dengan melaksanakan program Mobil Keliling Pelayanan PBB On The Spot.

Hal ini disampaikan Kepala Bidang Pajak Daerah II BKD Kota Depok Muhammad Reza dilansir Antara, Kamis (26/5/2022).

"Jenis pelayanan meliputi pengurangan dan penghapusan pokok tunggakan dan atau sanksi administrasi untuk piutang PBB sebelum 2012, termasuk penghapusan denda sampai dengan 2021," jelas Reza.

Selain itu, kata Reza, ada juga layanan balik nama PBB dengan melampirkan fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP), fotokopi sertifikat tanah, dan fotokopi Surat Pemberitahuan Pajak Terhutang (SPPT) PBB.

Reza mengimbau, warga yang ingin melakukan konsultasi mengenai PBB untuk langsung mendatangi lokasi yang telah ditentukan.

"Kami imbau masyarakat untuk mendatangi lokasi mobil keliling PBB agar mendapatkan informasi dan berbagai kemudahan," tuturnya.

Baca juga: Ini Cara Menghitung Besaran PBB

Selama dua hari atau 30 Mei 2022-31 Mei 2022, BKD Kota Depok akan menggelar Mobil Keliling Pelayanan PBB On The Spot di Kelurahan Kemiri Muka dan Puskesmas Kemiri Muka.

Sebelumnya, BKD Kota Depok juga mengembangkan inovasi secara daring untuk memudahkan Wajib Pajak (WP) dalam pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan Pedesaan dan Perkotaan (PBB-P2).

"Salah satunya melalui e-PBB yang kini bisa diakses masyarakat untuk mencetak Surat Pemberitahuan Pajak Terutang (SPPT)," ucap Kepala BPD Kota Depok Wahid Suryono.

Layanan tersebut, ada menu e-SPPT yang disediakan bagi WP PBB untuk mencetak SPPT secara mandiri.

Dengan hanya memasukkan Nomor Objek Pajak (NOP), WP bisa melihat nominal pajak yang harus dibayar.

Selain itu, WP juga bisa mengusulkan pembetulan ketika terdapat kesalahan data tanpa harus pergi ke loket PBB.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.