Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Warga Korban Kebakaran Pasar Gembrong Tempati Rusun CBU Gratis 3 Bulan

Kompas.com - 24/05/2022, 08:00 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebanyak 110 warga korban kebakaran Pasar Gembrong RW 01, Jakarta Timur (Jaktim) mulai menempati lokasi penampungan sementara di Rumah Susun (Rusun) Cipinang Besar Utara (CBU).

Mereka telah mendapatkan sosialisasi dan kunci unit rusun yang akan digunakan sebagai lokasi sementara.

Asisten Administrasi dan Kesejahteraan Rakyat Kota Jaktim Achmad Salahuddin mengutarakan hal ini sebagaimana dilansir dari Antara, Senin (23/5/2022).

"Bisa menempati hari ini, langsung Tadi sudah diumumkan petugas yang sudah diberi kunci sudah bisa menempati, yang penting mereka sudah tahu kamarnya yang mana," kata dia.

Menurut Achmad, mereka juga telah menandatangani surat perjanjian untuk tinggal sementara di Rusun CBU tersebut.

Warga korban kebakaran Pasar Gembrong bisa menempati Rusun CBU selama tiga bulan secara gratis.

Ini dilakukan sambil menunggu proses revitalisasi permukiman yang dilakukan Pemkot Jaktim bersama Baznas DKI Jakarta rampung.

Baca juga: Pasca-kebakaran, Pasar Bululawang Kini Mulai Dibangun Lagi

Sementara itu, Wahyuningsih yang merupakan salah satu korban kebakaran Pasar Gembrong mengaku sangat senang dengan adanya bantuan lokasi sementara itu.

Wahyuningsih mengaku puas dengan kondisi unit di Rusun CBU karena berfasilitas dua kamar tidur, satu kamar mandi, dapur, ruang tamu dan balkon.

"Alhamdulillah, rasanya senang sekali. Insya Allah besok pindah, saya bertiga sama anak saya satu dan suami," ujar Wahyuningsih.

Sebelumnya, kebakaran terjadi di kawasan Pasar Gembrong, Jalan Jenderal Basuki Rahmat, Kelurahan CBU, Jatinegara, Jaktim, Minggu (24/4/2022) sekitar pukul 21.10 WIB.

Peristiwa itu terjadi di kawasan padat penduduk. Akibatnya, banyak kios dan rumah warga habis dilahap si jago merah itu.

Setidaknya, ada 400 bangunan yang hangus terbakar dalam kejadian tersebut. Adapun luas area yang terbakar mencapai 1.200 meter persegi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com